//

HUBUNGAN STRES DENGAN DERAJAT KEPARAHAN PSORIASIS PADA PASIEN PSORIASIS VULGARIS DI POLIKLINIK KULIT DAN KELAMIN RSUDZA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NAUFALDY RIFQIAULIA NOERDA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Psoriasis merupakan penyakit autoimun pada kulit yang ditandai dengan adanya plak kemerahan ditutupi sisik tebal berbatas tegas, berwarna putih keperakan. Faktor pemicu dan pengembang dari psoriasis adalah stres. Hal ini sangat berkaitan dengan aktivasi sumbu HPA dan aktivasi saraf simpatik sehingga stres dapat mempengaruhi sel inflamasi dan proliferasi pada psoriasis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan stres dengan derajat keparahan psoriasis pada pasien psoriasis vulgaris di Poliklinik Kulit dan Kelamin RSUDZA Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan desain analitik observasional dengan pendekatan cross-sectional. Teknik sampling pada penelitian ini yaitu accidental sampling dengan jumlah responden sebanyak 32 orang pasien psoriasis vulgaris yang berobat jalan di Poliklinik Kulit dan Kelamin RSUDZA Banda Aceh pada bulan Oktober-November 2019. Derajat keparahan psoriasis vulgaris dinilai menggunakan kuesioner Psoriasis Area and Severity Index (PASI) dan stres dinilai dengan kuesioner Perceived Stress Scale (PSS). Hasil penelitian menunjukkan derajat keparahan psoriasis ringan berjumlah 37,5%, psoriasis sedang 46,9% dan psoriasis berat 15,6%. Responden dengan tingkat stres ringan sebanyak 43,8%, tingkat stres sedang 50,0%, dan tingkat stres berat 6,3%. Hasil uji korelasi Spearman menunjukkan hasil bermakna antara tingkatan stres dengan derajat keparahan psoriasis pada pasien psoriasis vulgaris (p=0,000). Kata Kunci : Psoriasis, Stres, PASI, PSS

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN DERAJAT KEPARAHAN PSORIASIS DENGAN TEKANAN DARAH PADA PASIEN PSORIASIS DI POLIKLINIK KULIT DAN KELAMIN RSUDZA BANDA ACEH (Nurul Maghfirah, 2019)

HUBUNGAN TINGKAT KONSUMSI PROTEIN SUSU SAPI DAN PRODUK OLAHANNYA DENGAN DERAJAT KEPARAHAN AKNE VULGARIS PADA MAHASISWI FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (TSANA AULIA, 2021)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI GRADASI AKNE VULGARIS PADA SISWA DI MADRASAH ALIYAH DAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DARUL IHSAN ABU HASAN KRUENG KALEE (Arina Ratu Paradis, 2019)

HUBUNGAN PENGGUNAAN TABIR SURYA DENGAN TINGKAT KEPARAHAN AKNE VULGARIS PADA MAHASISWI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS SYIAH KUALA (RONA PUSPA SARI, 2019)

HUBUNGAN DERAJAT KEPARAHAN GEJALA DENGAN KUALITAS HIDUP PADA PASIEN DERMATITIS SEBOROIK DI RSUDZA BANDA ACEH (ERWIN BASTIAN, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy