//

HUBUNGAN PEMBERIAN MP-ASI DINI HIPERALERGENIK DENGAN KEJADIAN ALERGI MAKANAN PADA ANAK USIA 1-3 TAHUN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KOPELMA DARUSSALAM

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang IRMA SURYANI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Alergi makanan menjadi masalah kesehatan masyarakat yang terus berkembang, mempengaruhi 6-8% anak di seluruh dunia. Pengenalan makanan pendamping ASI (MP-ASI) sebelum usia 6 bulan dapat berisiko menimbulkan alergi di kemudian hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pemberian MP-ASI dini hiperalergenik dengan kejadian alergi makanan pada anak usia 1-3 tahun di wilayah kerja Puskesma Kopelma Darussalam. Jenis penelitian ini adalah analitik observasional dengan desain cross sectional. Penelitian ini dilakukan di Posyandu Kopelma, Rukoh, Lamgugop, Ie Masen Kaye Adang dan Deah Raya pada tanggal 27 Agustus 2019 sampai 14 September 2019. Pengambilan sampel menggunakan metode stratified random sampling dan analisis data dengan menggunakan uji Chi-Square. Data diperoleh dari responden melalui wawancara menggunakan kuesioner dan didapatkan 84 anak yang terdiri dari laki-laki sebanyak 39 anak (46,6%) dan perempuan 45 (53,6%). Usia anak yang mendominasi adalah 1 tahun (44,0%). Anak yang diberi MP-ASI dini hiperalergenik dengan yang tidak masing-masing berjumlah yaitu 42 anak (50,0%). Dari 84 anak, didapatkan 11 anak (13,1%) mengalami gejala alergi makanan sedangkan 73 anak (86,9%) tidak mengalami alergi makanan. Hasil uji statistik dengan uji Chi-Square didapatkan p value 0,332 (p>0,05) hal ini menunjukkan tidak terdapat hubungan antara pemberian MP-ASI dini hiperalergenik dengan kejadian alergi makanan pada anak usia 1-3 tahun di wilayah kerja Puskesmas Kopelma Darussalam. (RP 0,57 95% CI 0,18-1,81) Kata Kunci : Alergi Makanan, MP-ASI Dini Hiperalergenik, Anak Usia 1-3 Tahun

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU IBU DENGAN PEMBERIAN MP-ASI PADA ANAK USIA 6-24 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KOPELMA DARUSSALAM BANDA ACEH (NURUL RACHMAH, 2016)

HUBUNGAN ALERGI MAKANAN DENGAN STATUS GIZI PADA ANAK USIA 1-3 TAHUN DI KOTA BANDA ACEH (Aya Ayodhia, 2015)

HUBUNGAN ALERGI SUSU SAPI DENGAN KEJADIAN STUNTING PADA ANAK USIA DI BAWAH DUA TAHUN DI KOTA BANDA ACEH (INTAN CHAHARUNIA MULYA, 2019)

PERBANDINGAN KEJADIAN ISPA PADA ANAK YANG PERNAH MENDAPAT ASI EKSKLUSIF DAN YANG TIDAK MENDAPAT ASI EKSKLUSIF DI PUSKESMAS KOPELMA DARUSSLAM BANDA ACEH (Roziyanti, 2014)

PENGARUH RIWAYAT PEMBERIAN ASI EKSLUSIF DAN MAKANAN PENDAMPING ASI (MP-ASI) DINI TERHADAP KONDISI SULIT MAKAN PADA BALITA DI PUSKESMAS DARUSSALAM ACEH BESAR (Aulia Dirma, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy