//

HUBUNGAN IMUNISASI DASAR LENGKAP DENGAN KEJADIAN PNEUMONIA PADA BALITA DI RSUDZA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang AISYAH LAILLA Z - Personal Name
SubjectIMMUNIZATION
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Angka kejadian pneumonia tergolong tinggi dan salah satu penyebab kematian balita di dunia, termasuk Banda Aceh. Provinsi Aceh menduduki urutan ke lima di Indonesia dengan prevalensi pneumonia sebesar 2,5% tahun 2018. Faktor risiko penyebab pneumonia, yaitu umur, jenis kelamin, status gizi, berat badan lahir rendah, status imunisasi, ASI, ventilasi di rumah, dan riwayat orangtua yang merokok. Aceh merupakan provinsi dengan capaian status imunisasi dasar lengkap terendah tingkat pertama di Indonesia sebesar 20%. Hasil penelitian yang bervariasi dan penelitian serupa yang belum pernah dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh menjadi dasar peneliti ingin melakukan penelitian mengenai hubungan imunisasi dasar lengkap dengan kejadian pneumonia pada balita di RSUDZA Banda Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan rancangan cross-sectional. Penelitian dilakukan dengan menggunakan data sekunder yaitu rekam medik pasien balita yang dirawat di Ruang Rawat Inap SMF Anak RSUDZA Banda Aceh pada bulan Juli sampai September 2019. Pengambilan sampel dengan metode Total Sampling dan menggunakan uji korelasi spearman pada confidence interval 95% dan α=0,05.Total sampel pada penelitian ini yaitu 98 balita di mana laki-laki berjumlah 58 balita (59,2%) dan perempuan 40 balita (40,8). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 53,1% balita memperoleh imunisasi dasar lengkap. Balita yang tidak pernah memperoleh imunisasi dasar 100% tidak menderita pneumonia begitu juga balita yang memperoleh imunisasi dasar lengkap 80,8% juga tidak menderita pneumonia. Hasil uji statistik didapatkan hasil p value 0,807 dengan koefisien korelasi -0,025. Hal tersebut menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara imunisasi dasar lengkap dengan kejadian pneumonia. Kata kunci : Imunisasi dasar, Pneumonia, Balita, Banda Aceh

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN, PENGETAHUAN IBU DAN JUMLAH ANAK DENGAN STATUS IMUNISASI DASAR DI PUSKESMAS JAYA BARU BANDA ACEH (Annisa Soraya Putri, 2014)

HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG IMUNISASIRNDASAR DENGAN KELENGKAPAN IMUNISASI DASARRNPADA BALITA DI WILAYAH KECAMATANRNDARUSSALAM ACEH BESARRNTAHUN 2014 (Anggun Fantaria, 2014)

HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU, STATUS GIZI, DAN STATUS IMUNISASI DASAR TERHADAP KESEHATAN BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS DARUL KAMAL TAHUN 2013 (Elida Rosa Agustina , 2016)

HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN KASUS PNEUMONIA PADA BALITA DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (MISCA RESTIANA, 2020)

HUBUNGAN JUMLAH PENDAPATAN KELUARGA DAN KELENGKAPAN IMUNISASI DASAR DENGAN KEJADIAN STUNTING PADA BALITA DI KABUPATEN PIDIE (SUKMA JUWITA, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy