//

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP STUNTING DI KECAMATAN BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RISKA PRATIWI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Stunting merupakan gangguan pertumbuhan dimana disebabkan oleh gangguan gizi yang bersifat kronik. Kesalahan persepsi masyarakat menjadi salah satu faktor tingginya angka kejadian stunting. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat terhadap stunting serta mengetahui hubungan pengetahuan, sikap, sosial budaya, fasilitas dan lingkungan terhadapat stunting pada masyarakat di Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar. Metode penelitian ini adalah metode Deskriptif dengan pendekatan Cross Sectional. Penelitian ini dilakukan di 13 Desa di Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar. Pemilihan desa dibagi menjadi 3 regional secara Sratified Random Sampling sedangkan jumlah sampel diperoleh dengan menggunakan teknik Non Probability Sampling dengan Metode Simpel Random sampling. Jumlah responden sebanyak 105 responden. Penelitian ini dimulai dari tanggal 19 September sampai dengan 19 Oktober 2019 di 13 Desa yang berada di Kecamatan Baitussalam Kabupaten Aceh Besar yaitu terdiri dari desa Baet, Cadek, Blang Krueng, Kajhu, Cot Paya, Lambada Lhok, Klieng Cot Aron, Miruk Lam Reudeup, Lam Ujong, Labuy, Lampineung, Lam Asan, dan Klieng Meuria. Penelitian ini dilakukan secara wawancara dengan menggunakan kuesioner yang telah diuji tingkat validitas dan reliabilitas. Uji statistik yang digunakan adalah Korelasi Spearman dan Chi Square dengan tingkat bermakna =0,05. Hasil penelitian dari uji Spearman didapatkan pengetahuan p= 0,002, sikap p= 0,000, sosial budaya p= 0,000 sedangkan uji chi square fasilitas p=0,005 dan lingkungan p=0,005 dengan nilai p <  (0,005) maka didapatkan adanya hubungan yang signifikan antara variabel dependen dan variabel independen. Kata Kunci: Persepsi, Pengetahuan, Sikap, Sosial Budaya, Fasilitas, Lingkungan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ASI EKSKLUSIF DENGAN RENDAHNYA KEJADIAN STUNTING PADA BAYI USIA 6 BULAN DI KECAMATAN BAITUSSALAM ACEH BESAR (NADIA FIANY, 2017)

PARTISIPASI MASYARAKAT DAN KONDISI EKOSISTEM MANGROVE DI KECAMATAN BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (Mulyana Sari, 2013)

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN STUNTING PADA BALITA USIA 12-59 BULAN DI KECAMATAN DARUL KAMAL KABUPATEN ACEH BESAR (Dian hidayati, 2014)

GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN TENAGA KESEHATAN TERHADAP STUNTING DI KECAMATAN MUTIARA TIMUR KABUPATEN PIDIE (MULIAGUS RIMBANA CHEKMAT, 2019)

PERANAN PENCARI TIRAM DALAM MENDUKUNG KETAHANAN EKONOMI KELUARGA DI KECAMATAN BAITUSSALAM ACEH BESAR (Rahmat Setiawan, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy