//

HUBUNGAN JUMLAH PENDAPATAN KELUARGA DAN KELENGKAPAN IMUNISASI DASAR DENGAN KEJADIAN STUNTING PADA BALITA DI KABUPATEN PIDIE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SUKMA JUWITA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Terdapat hampir 150 juta balita di dunia mengalami stunting. Keadaan ini disebabkan oleh banyak faktor, dua diantaranya adalah asupan nutrisi yang tidak adekuat dan seringnya anak terjangkit penyakit infeksi. Angka balita stunting Indonesia tahun 2018 mencapai 30,8% dan Aceh adalah provinsi ketiga dengan angka balita stunting terbanyak (37,3%). Di Indonesia, terdapat 160 kabupaten yang telah ditetapkan menjadi lokasi prioritas penanganan stunting, salah satunya adalah Kabupaten Pidie. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan jumlah pendapatan keluarga dan kelengkapan imunisasi dasar dengan kejadian stunting pada balita di Kabupaten Pidie. Metode penelitian ini adalah analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Sebanyak 88 sampel yang memenuhi kriteria inklusi dipilih dengan metode stratified random sampling. Analisis univariat menunjukkan terdapat 51 responden mengalami stunting (58%), serta mayoritas responden berjenis kelamin perempuan (56,8%), berpendapatan kategori rendah (96,6%), dan memiliki riwayat imunisasi dasar lengkap (54,5%). Berdasarkan uji Fisher Exact diperoleh nilai probabilitas jumlah pendapatan keluarga p-value : 0,071 (p>0,05). Sedangkan berdasarkan uji Chi Square nilai probabilitas kelengkapan imunisasi dasar p-value : 0,000 (p

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG IMUNISASIRNDASAR DENGAN KELENGKAPAN IMUNISASI DASARRNPADA BALITA DI WILAYAH KECAMATANRNDARUSSALAM ACEH BESARRNTAHUN 2014 (Anggun Fantaria, 2014)

PENGARUH KARAKTERISTIK DAN PERSEPSI ORANGTUA TERHADAP IMUNISASI DASAR PADA ANAK DI RUMAH SAKIT UMUM DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (OCTAVINA SUSANTI, 2021)

HUBUNGAN BERAT BADAN LAHIR DAN PANJANG BADAN LAHIR DENGAN KEJADIAN STUNTING PADA BALITA DI KABUPATEN PIDIE (PUTRI TAMARA DASANTOS, 2019)

HUBUNGAN IMUNISASI DASAR LENGKAP DENGAN KEJADIAN PNEUMONIA PADA BALITA DI RSUDZA BANDA ACEH (AISYAH LAILLA Z, 2019)

HUBUNGAN TINGGI BADAN ORANG TUA DAN RIWAYAT PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF TERHADAP KEJADIAN STUNTING PADA BALITA USIA 6-59 DI KECAMATAN KUTA BARO, KABUPATEN ACEH BESAR (Rahmayani Isma, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy