//

PENGARUH DURASI PENYIMPANAN CETAKAN ALGINAT TERHADAP STABILITAS DIMENSI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ASTRILIA RIADY - Personal Name
SubjectDENTURES BRIDQES
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Astrilia Riady Fakultas : Kedokteran Gigi Program Studi : Pendidikan Dokter Gigi Judul : Pengaruh Durasi Penyimpanan Cetakan Alginat Terhadap Stabilitas Dimensi Gigi tiruan yang baik sangat dipengaruhi oleh hasil cetakan yang baik. Banyak bahan cetak yang dapat digunakan diantaranya adalah alginat. Alginat merupakan bahan cetak yang umum digunakan karena memiliki harga terjangkau dan mudah digunakan bila dibandingkan dengan bahan cetak lain. Alginat cenderung mengalami distorsi karena imbibisi atau sineresis, sehingga cetakan alginat harus segera dilakukan pengecoran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari durasi penyimpanan cetakan alginat sebelum dilakukan pengecoran terhadap stabilitas dimensi. Cetakan alginat disimpan didalam zip lock plastic bag yang terlebih dahulu sudah dimasukkan paper towel yang dibasahi 30 ml air suling 10 menit sebelumnya. Penelitian ini memiliki 4 kelompok perlakuan yaitu 0 menit, 12 menit, 60 menit, dan 24 jam. Penyimpanan dilakukan pada 3 kelompok perlakuan yaitu 12 menit, 60 menit, dan 24 jam sebelum dilakukan pengecoran dengan gypsum tipe III. Setelah dilakukan pengecoran, dilakukan pengukuran dari sisi anteroposterior (AP) (10 mm dari midline insisivus ke gigi 16) dan dari sisi lengkung rahang (CA) (gigi 16 ke gigi 26) menggunakan kaliper digital dengan ketelitian 0,01 mm. Data penelitian di analisis menggunakan metode ANOVA satu arah dan Tukey’s post-hoc test (p

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PERENDAMAN CETAKAN ALGINAT DALAM LARUTAN DESINFEKTAN SODIUM HIPOKLORIT 0,5% DAN DETTOL 5% TERHADAP PERUBAHAN DIMENSI (RAMADHANI, 2016)

PENGARUH DURASI PERENDAMAN RESIN AKRILIK HEAT CURED DALAM EKSTRAK BUAH MAHKOTA DEWA (PHALERIA MACROCARPA) 35 % TERHADAP RNPERUBAHAN DIMENSI (Jamal Wahdi, 2014)

EFEK METODE DAN WAKTU PENYIMPANAN SAMPEL FESES SAPI ACEH TERHADAP STABILITAS KONSENTRASI METABOLIT KORTISOL (MUHAMMAD WAHYUDI, 2018)

PENGARUH DURASI PERENDAMAN RESIN AKRILIK JENIS HEAT CURE DALAM MINUMAN KOPI ULEE KARENG (COFFEA ROBUSTA) TERHADAP PERUBAHAN DIMENSI (ANDI YUSUF DAULAY, 2015)

RANCANG BANGUN CETAKANRNPASIR MENGGUNAKAN PEREKAT SEMEN DENGAN CORAN KUNINGAN BEKASRNPADA INDUSTRI SOEVENIR RENCONG (Dani Dwi angga, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy