//

ANALISIS RISIKO RANTAI PASOK (SUPPLY CHAIN) BIJI KOPI ARABIKA (COFFEA ARABICA) PADA USAHATANI KOPI DI DATARAN TINGGI GAYO (STUDI KASUS PADA CV. ORO KOPI GAYO DAN KSU SARA ATE)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ULFIATUS SOFIANA - Personal Name
SubjectCOFFEE
AGRICULTURAL - ECONOMIC ASPECTS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah memiliki 94,13% luas perkebunan kopi di Aceh. Saat ini pelaku usaha kopi arabika seringkali dihadapkan pada beberapa kendala dan risiko yang dapat menghambat proses operasional pada rantai pasok seperti risiko produksi, mutu, harga dan manusia. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi nilai risiko pada setiap pelaku rantai pasok. Data diperoleh dari wawancara dan pengisian kuesioner terhadap petani, pedagang pengumpul dan pedagang besar (CV Oro Kopi Gayo dan KSU Sara Ate). Hasil dari wawancara dan kuesioner dijelaskan dalam bentuk diagram fishbone dan dianalisis menggunkana Fuzzy FMEA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa risiko pada rantai pasok dapat terjadi akibat faktor alam (hama dan penyakit, perubahan cuaca/iklim serta bencana alam) dan faktor non-alam (tenaga kerja kurang terampil, akses jalan yang kurang memadai, perubahan harga pasar serta kelebihan/kekurangan pasokan kopi). Hasil penelitian dari 4 variabel menunjukkan nilai tinggi ke rendah FRPN risiko pada rantai pasok adalah 1). Harga (636 FRPN), 2). Mutu (539 FRPN) 3). Manusia (500 FRPN). serta 4). Produksi (461 FRPN)

Tempat Terbit Hoboken, NJ
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS ALOKASI RISIKO PADA RANTAI PASOK (SUPPLY CHAIN) KOPI ARABIKA DI KABUPATEN ACEH OLEH (DIAN ASRI, 2016)

ANALISIS RANTAI PASOK DAN NILAI TAMBAH KOPI ARABIKA MITRA CV. ORO KOPI GAYO DI KABUPATEN ACEH TENGAH (Arwinsyah Malik, 2019)

ANALISIS RANTAI NILAI (VALUE CHAIN) KOPI ARABIKA DI ACEH TENGAH (HARIS SULAIMAN, 2015)

PENGARUH SUPLAY CHAIN TERHADAP EFISIENSI PEMASARAN, DAMPAKNYA PADA DAYA SAING KOPI ARABIKA GAYO (T. Budi Hermawan, 2014)

PERBANDINGAN DAYA HAMBAT EKSTRAK DAUN KOPI ARABIKA (COFFEA ARABICA) DAN DAUN KOPI ROBUSTA (COFFEA CANEPHORA) TERHADAP PERTUMBUHAN STREPTOCOCCUS MUTANS (Sulastri Oktarin, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy