//

OPTIMASI PEMENUHAN KECUKUPAN GIZI MENGGUNAKAN METODE GOAL PROGRAMMING (STUDI KASUS : ACEH BESAR)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nina Meutia - Personal Name
SubjectMATHEMATICAL MODELS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Tahun Terbit 2008

Abstrak/Catatan

Penelitian ini merupakan sebuah penerapan metode goal programming dalam optimasi pemenuhan kecukupan gizi pria dewasa di kabupaten Aceh Besar, yang bertujuan untuk menentukan kombinasi kuantitas konsumsi pangan dan tingkat pencapaian pemenuhan kecukupan unsur-unsur gizi dengan menggunakan software SAS dalam pengolahan data. Kombinasi konsumsi pangan yang dihasilkan dari metode goal programming berbeda-beda untuk setiap tinggi badan, semakin tinggi badan maka semakin besar pula kuantitas konsumsi pangannya. Kombinasi pangan ini disajikan dalam satuan gram dan ukuran rumah tangga (URT) per minggu. Penelitian ini juga menghasilkan besarnya biaya yang harus disiapkan untuk konsumsi pangan per minggu. Metode goal programming menghasilkan nilai optimum, yaitu total simpangan sebesar 1,7471557408. Berdasarkan rekomendasi konsumsi pangan, unsur-unsur gizi yang terpenuhi 100% adalah energi, besi, dan vitamin C, sedangkan untuk protein kurang sebesar 0,17894% dari kebutuhan protein per minggu, kalsium kurang sebesar 0,90973% per minggu, vitamin A kurang sebesar 0,42440% per minggu, dan untuk phosfor lebih sebesar 1,1973% per minggu. Kata Kunci: Goal Programming, unsur gizi, SAS, kombinasi pangan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

OPTIMASI PERENCANAAN PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE GOAL PROGRAMMING (STUDI KASUS: UD. SARIGUT BAKERY) (Septian Misbahul, 2019)

PENERAPAN GOAL PROGRAMMING PADA PERENCANAAN PRODUKSI BUBUK KOPI (STUDI KASUS ASA COFFEE DI KABUPATEN ACEH TENGAH) (Ida Farida Adnan, 2016)

PENERAPAN METODE GOAL PROGRAMMING DALAM MENENTUKAN JUMLAH BUS YANG OPTIMAL (STUDI KASUS: BUS TRANS KOETARADJA KORIDOR I) (Afif Firdaus, 2019)

TINGKAT KECUKUPAN GIZI PEKERJA BERDASARKAN POLA MAKAN DAN JENIS PEKERJAAN DI DESA LAM ALUE RAYA KECAMATAN KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR (SAFRIDAYANTI, 2016)

ANALISIS KECUKUPAN GIZI PADA IBU MENYUSUI DI DESA ANEUK PAYA KECAMATAN LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR (Maulia Fitri, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy