//

KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI SMA NEGERI 1 SINABANG

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang TIARA - Personal Name
SubjectSTUDY METHODS
MATHEMATICS - STUDY AND TEACHING
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Kemampuan komunikasi matematis siswa di Indonesia berada di bawah nilai standar. Hal ini berdasarkan hasil survei PISA yang menunjukkan bahwa Indonesia menduduki peringkat ke 64 dari total 65 negara. Pentingnya siswa memiliki kemampuan komunikasi matematis agar tercapainya tujuan pembelajaran matematika dengan maksimal. Oleh karena itu diperlukan suatu alternatif untuk mengembangkan kemampuan ini di sekolah. Salah satunya adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di SMA Negeri 1 Sinabang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain yang digunakan yaitu true experimental dengan jenis posttest only control design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XII di SMA Negeri 1 Sinabang. Sampel penelitian yaitu Kelas XII MIA 1 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 29 siswa dan Kelas XII MIA 3 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 27 siswa. Instrumen penelitian berupa tes soal uraian yang terdiri dari 3 soal. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji-t pihak kanan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajarkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih baik dari siswa yang diajarkan melalui model pembelajaran konvensional di SMA Negeri 1 Sinabang tahun ajaran 2019/2020. Hal ini terlihat pada hasil uji hipotesis dengan taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 54 diperoleh thitung > ttabel atau 2,7 > 1,67 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi Matematis, Jigsaw, Statistika

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MADRASAH ALIYAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW (Rahmat, 2016)

MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (Fona Fitry Burais, 2019)

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (HUSNA, 2014)

KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE DI SMP POS KEADILAN PEDULI UMAT ACEH BESAR (Uci Mahlisa, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy