//

RANCANG BANGUN ALAT PENGUPAS NANAS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang AIDIL FAHMI - Personal Name
SubjectAGRICLTURAL EQUIPMENT
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Indonesia adalah negara yang menghasilkan hasil pertanian yang sangat melimpah. Setiap daerah memiliki hasil pertanian yang bermacam-macam ragam, baik itu sayur, buah dan lain-lain. Nanas merupakan salah satu buah yang dihasilkan dari pertanian. Salah satu provinsi di Indonesia yang menghasilkan buah nanas terbanyak adalah Sumatera Utara yaitu sebanyak 144.000 Ton pada tahun 2005. Nanas memiliki potensi pada bidang industri yang besar maupun yang kecil. Tetapi secara pengolahan masihlah menggunakan cara yang tradisional hanya pada industri besar seperti pabrik saja yang memiliki pengolahan nanas yang modern. Karena nanas merupakan buah yang sedikit susah untuk dikupas secara tuntas dan memakan waktu yang sedikit banyak. Untuk usaha industri kecil seperti penjual kios dan rumahan yang bergerak dibidang industri nanas, proses pengupasan nanas masihlah menggunakan cara tradisional. Perancangan Alat Pengupas Kulit Nanas adalah salah satu jawaban dari industri rumahan atau kios-kios kecil yang bergerak pada produksi industri nanas. Produk yang diciptakan memiliki ukuran yang kecil dan dapat dibawa kemana saja dan tanpa menggunakan tenaga mesin dan listrik. Cara penggunaanpun cukup mudah untuk mengupas kulit nanas yaitu hanya dengan meletakkan nanas pada alat yang dimaksud dan kemudian menekan tuas dengan tangan dan dengan sekali tekan maka kulit nanas langsung terkupas. Produk ini akan sangat menguntungkan para pelaku usaha kecil dan rumahan karena selain efektif alat ini juga mempercepat pekerjaan dan tanpa listrik tentunya. Kata Kunci : Pertanian, Industri, Nanas, Alat Pengupas Kulit Nanas

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

RANCANG BANGUN ALAT PENGUPAS NANAS (AIDIL FAHMI, 2019)

RANCANG BANGUN ALAT PENGIRIS BAWANG MENGGUNAKAN MOTOR LISTRIK (RIZKY KURNIAWAN TUMANGGER, 2019)

RANCANG BANGUN ALAT PRES PEMBUKA BANTALAN (REKI ANDRIAN, 2019)

MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI BERMAIN RANCANG BANGUN BALOK DI PAUD IT AL-FATIH KOTA BANDA ACEH (Dewi Wahyuni, 2016)

RANCANG BANGUN HOPPER PADA MESIN PENGUPAS BUAH AREN (ARENGA PINNATA MERR.) MENJADI KOLANG KALING (Fitra Purnama, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy