//

KEANEKARAGAMAN JENIS-JENIS BURUNG PADA TIPE HABITAT YANG BERBEDA DI KAWASAN DESA ALUS-ALUS KABUPATEN SIMEULUE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rika Susanti - Personal Name
SubjectBIRDS
BIRDS - CONSERVATION TECHNOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Rika Susanti. 2019. Keanekaragaman Jenis-jenis Burung Pada Tipe Habitat yang Berbeda di Kawasan Desa Alus-Alus Kabupaten Simeulue. Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Abdullah, M. Si., (2) Devi Syafrianti, S. Pd., M. Si. Kata Kunci: Keanekaragaman burung, jenis-jenis, habitat. Penelitian berjudul “Keanekaragaman jenis-jenis burung pada tipe habitat yang berbeda di Kawasan Desa Alus-alus Kabupaten Simeulue”. Tujuan penelitian untuk mengetahui jenis dan tingkat perbandingan keanekaragaman jenis burung pada tiga habitat yang berbeda serta dominansinya. Metode yang digunakan adalah metode IPA (Indeks Point Abundance), yaitu melakukan pencatatan jenis burung yang ditemukan pada setiap titik pengamatan. Parameter yang diamati adalah jenis burung, Indeks keanekaragaman dan Dominansi jenis burung pada tiga habitat yang berbeda di Desa Alus-alus Kabupaten Simeulue. Analisis data menggunakan rumus indeks keanekaragaman Shannon-Weaver, dianalisis secara deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian terdapat 22 spesies burung dari 16 famili. Tingkat keanekaragaman jenis burung yang berada pada tiga habitat di Kawasan Desa Alus-alus Kabupaten Simeulue tergolong sedang dengan indeks keanekaragamannya adalah H’= 2,9492. Jenis burung yang mendominansi pada habitat Perasawahan adalah burung Lonchura maja, pada habitat Pegunungan burung Prinia familiaris, dan pada habitat Pantai burung Todiramphus chloris. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah indeks keanekaragaman pada masing-masing tipe habitat, yaitu habitat Pegunungan dengan H’= 2, 8561, habitat Persawahan dengan H’= 2,3542, dan habitat Pantai dengan H’= 1,9426. Jenis burung yang mendominansi di tiga kawasan habitat berbeda jenis, yaitu: pada habitat Persawahan didominansi oleh burung Lonchura maja, habitat Pegunungan didominansi oleh burung Prinia familiaris dan habitat Pantai didominansi oleh burung Todiramphus chloris.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEANEKARAGAMAN DAN KESAMAAN SPESIES BURUNG PADA DUA TIPE HABITAT YANG BERBEDA DI KECAMATAN PADANG TIJI KABUPATEN PIDIE (Cut Nurjannah, 2015)

DETEKSI ANTIBODI TERHADAP VIRUS NEWCASTLE DISEASE PADA BURUNG TRUCUKAN (PYCNONOTUS GOIAVIER) (HANNI ANINAIDU, 2020)

KEANEKARAGAMAN JENIS DAN STATUS KONSERVASI BURUNG DI KECAMATAN GLUMPANG TIGA, KABUPATEN PIDIE (Thrina Junita, 2020)

PERBANDINGAN KEANEKARAGAMAN DAN DOMINANSI JENIS BURUNG PADA TIGA EKOSISTEM YANG BERBEDA DI KECAMATAN BANDAR DUA KABUPATEN PIDIE JAYA (NADIA FITRIA, 2016)

PENGGUNAAN HABITAT SECARA TEMPORAL OLEH BEBERAPA SPESIES BURUNG PADA POHON BERINGIN DI DESA TUNGKOP, KECAMATAN DARUSSALAM, KABUPATEN ACEH BESAR (ELITA ZAHRA, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy