//

PERTUMBUHAN TANAMAN STROBERI (FRAGARIA SP.) SECARA HIDROPONIK DI DATARAN RENDAH PADA BERBAGAI NILAI EC (ELECTRICAL CONDUCTIVITY)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rizka Yuhazeri Putri - Personal Name
SubjectGROWTH (PLANTS)
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

RINGKASAN Stroberi (Fragaria sp.) merupakan salah satu tanaman buah yang memiliki nilai ekonomi tinggi sehingga memiliki prospek untuk dikembangkan. Budidaya stroberi di dataran rendah untuk skala produksi masih jarang dilakukan disebabkan adanya kendala faktor iklim seperti suhu dan intensitas radiasi matahari yang tinggi. Kondisi tersebut dapat diminimalkan dengan melakukan budidaya secara hidroponik. Dalam penerapannya hidroponik memfokuskan kebutuhan tanaman pada nutrisi yang terukur melalui nilai EC (Electrical Conductivity). Nilai EC larutan nutrisi menunjukkan konsentrasi atau kandungan hara yang terdapat didalam larutan sehingga perlu disesuaikan dengan kebutuhan tanaman stroberi yang akan dibudidayakan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari pemberian variasi nilai EC larutan nutrisi terhadap pertumbuhan tanaman stroberi dan mengetahui nilai EC larutan nutrisi terbaik. Penelitian ini dilakukan secara eksperimental berupa budidaya stroberi dengan sistem hidroponik NFT (Nutrient Film Technique). Perlakuan yang diuji adalah pemberian variasi nilai EC larutan nutrisi yaitu EC 1,6 mS/cm, 1,8 mS/cm, 2,2 mS/cm, 2,4 mS/cm dan EC yang berubah mengikuti fase pertumbuhan tanaman 1,6 – 2,2 mS/cm. Analisa data untuk melihat pertumbuhan tanaman stroberi berupa pengamatan tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah stolon dan panjang akar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi nilai EC larutan nutrisi berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman stroberi secara hidroponik di dataran rendah, karena terdapat nilai EC yang menunjukkan hasil tertinggi pada parameter pertumbuhan tanaman stroberi. Nilai EC larutan nutrisi yang berpengaruh paling baik terhadap pertumbuhan tanaman stroberi adalah EC 2,2 mS/cm yang ditunjukkan melalui variabel tinggi tanaman 13,4 cm, jumlah daun 18,6 helai, jumlah stolon 2,6 dan panjang akar 13,6 cm.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PEMBERIAN ZPT ATONIK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KADAR VITAMIN C PADA TANAMAN STROBERI (FRAGARIA VIRGINIANA) DI KAMPUNG PAYA TUNGEL KECAMATAN JAGONG JEGET ACEH TENGAH (Asrieka Setia Putri, 2018)

PENGARUH PENGGUNAAN PUPUK ORGANIK CAIR DAN PUPUK HAYATI DENGAN BERBAGAI KONSENTRASI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN KADAR VITAMIN C PADA BUAH STROBERI (FRAGARIA VIRGINIANA) (RUSMAWARNI, 2016)

UJI PERTUMBUHAN DAN HASIL BEBERAPA KLON UBI JALAR (IPOMOEA BATATAS L.) DI DATARAN RENDAH (Nurul Aini , 2016)

PENGARUH BERBAGAI MACAM NILAI EC(ELECTRICAL CONDUKTIVITY) TERHADAP PERTUMBUHAN TOMAT CERI (LYCOPERSICUM ESCULENTUM) DENGAN APLIKASI HIDROPONIK FERTIGASI SISTEM DFT (DEEP FLOW TECHNIQUE) (Zulbahri, 2019)

PENGARUH LIMBAH CAIR TAHU TERHADAP PERTUMBUHAN SELADA (LACTUCA SATIVA L.) SECARA HIDROPONIK WICK SYSTEM (MARTHA AMALIA, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy