KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELANGKAAN SUMBER DAYA EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS)RNDI SMP NEGERI 1 PANGA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KELANGKAAN SUMBER DAYA EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS)RNDI SMP NEGERI 1 PANGA


Pengarang

Nurdiana - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0806101030002

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Ekonomi (S1) / PDDIKTI : 87203

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata kunci: Tipe Think Pair Share, Ketuntasan Hasil Belajar
Penelitian ini berjudul: ketuntasan hasil belajar siswa pada materi kelangkaan
sumber daya ekonomi dengan menggunakan model pembelajaran kooperatfi tipe
Think Pair Share di SMP Negeri 1 Panga. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui: 1. Ketuntasan hasil belajar siswa pada materi kelangkaan sumber daya
ekonomi melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) di SMP
Negeri 1 Panga. 2. Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran kooperatif tipe
Think Pair Share (TPS) pada materi kelangkaan sumber daya ekonomi di SMP
Negeri 1 Panga. 3. Aktivitas siswa dalam pembelajaran kooperatif tipe Think Pair
Share (TPS) pada materi kelangkaan sumber daya ekonomi di SMP Negeri 1 Panga.
4. Respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share
(TPS) pada materi kelangkaan sumber daya ekonomi di SMP Negeri 1 Panga.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 35
orang. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII-b yang berjumlah 16
orang. Pembelajaran ini dilakukan dengan satu kali pertemuan. Tehnik pengumpulan
data dilanjutkan dengan test, observasi, dan angket, sedangkan analisis data diolah
dengan persentase. Berdasarkan hasil pengolahan data setelah pelaksanaan
pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share, siswa mengalami peningkatan
prestasi belajarnya dilihat dari ketuntasan belajar klasikal yaitu dari 37,5% (hasil test
awal) menjadi 81,25% (hasil test akhir), kemampuan guru berada pada kategori baik
sedangkan aktivitas siswa baik, hasil angket respon siswa dikategorikan senang
terhadap pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe TPS. Berdasarkan hasil penelitian
dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe TPS ada peningkatan
prestasi belajar dan hasil belajar banyak tuntas. Oleh karena itu pembelajaran
kooperatif tipe TPS dapat menuntaskan hasil belajar siswa dalam pelajaran pada
materi kelangkaan sumber daya ekonomi dikelas VIII-b di SMP Negeri 1 Panga.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK