//

RANCANG BANGUN PROTOTIPE SISTEM AUTOMASI VERTICAL FARMING TANAMAN CABAI BERBASIS IOT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang HENDRIK LEO - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pertumbuhan jumlah penduduk dunia bersamaan dengan semakin tingginya kebutuhan terhadap pangan. Oleh karena itu, produktivitas pertanian perlu ditingkatkan untuk memenuhi kebutuhan pangan tersebut. Akan tetapi Keterbatasan lahan pertanian dan pengalihan fungsionalitas lahan pertanian menghambat usaha peningkatan produksi pangan. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi keterbatasan lahan adalah dengan perancangan sistem vertical farming. Dalam penelitian ini, dilakukan perancangan prototipe sistem pertanian bertingkat yang diintegrasikan dengan teknologi Internet of Things (IoT) untuk melakukan pemantauan dan pemeliharaan tanaman. Hasil pengujian prototipe dalam melakukan pemantauan terhadap kelembaban tanaman dengan persentasi kesalahan tertinggi 12,5 %. Sedangkan hasil pengujian prototipe dalam melakukan pemantauan keadaan suhu udara dari 27°C hingga 33°C dengan persentase kesalahan tertinggi 0,86 % dan hasil pemantauan keadaan kelembaban udara dari 44 %RH hingga 68 %RH dengan persentase kesalahan tertinggi 8,66 %. Melalui penelitian ini, dihasilkan rancang bangun sistem pertanian bertingkat dengan 3 lantai dan mampu ditanami 12 buah tanaman cabai pada polybag. Prototipe mampu berotasi 360 derajat dengan kecepatan 12 rpm tanpa beban dan 8 rpm dengan beban total sebesar 80 kg.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI USULAN PANGKAT TENAGA AKADEMIK DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Anhar Fitria, 2020)

RANCANG BANGUN PROTOTIPE PENGENDALI ASAP ROKOK DAN TAMPILAN SUHU RUANGAN TERTUTUP (SMOKING ROOM) BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA16 (R.A. Decky Armanda, 2014)

PEMBUATAN KUNCI PINTU RUMAH MENGGUNAKAN SENSOR SIDIK JARI BERBASIS ARDUINO UNO (RIKO JENIANDA, 2020)

RANCANG BANGUN PROTOTIPE PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA OMBAK (PLTO) SISTEM TUAS PELAMPUNG DI KOTA TAPAKTUAN, ACEH SELATAN (Fathanah, 2015)

IMPLEMENTASI PROTOTIPE PINTU OTOMATIS MENGGUNAKAN MIKRO: BIT BBC (NADIA PRATIWI, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy