//

PENERAPAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA SOAL PEMECAHAN MASALAH BANGUN DATAR DI KELAS VII SMP NEGERI 6 RSBI BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ulya Nabilla - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
MATHEMATICS-ELEMENTARY EDUCATION
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : RME, pemecahan masalah, bangun datar, strategi Matematika adalah disiplin berpikir yang didasarkan pada berpikir logis, konsisten, inovatif, dan kreatif. Namun pada kenyataannya, pengembangan kemampuan memecahkan masalah, pengembangan kreativitas, dan berpikir alternatif masih kurang. Oleh karena itu, peneliti mencoba menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) yang menekankan siswa untuk berfikir kritis dan kreatif sehingga pemecahan masalah matematika dapat diselesaikan. Penelitian ini mengangkat masalah bagaimanakah hasil belajar siswa, strategi siswa dalam menyelesaikan soal, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, dan respon siswa mengenai penerapan RME pada soal pemecahan masalah keliling dan luas persegi panjang dan persegi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa, strategi siswa dalam menyelesaikan soal, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, dan respon siswa mengenai soal pemecahan masalah keliling dan luas persegi panjang dan persegi menggunakan RME. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII-5 SMP Negeri 6 RSBI Banda Aceh sebanyak 28 siswa. Materi yang diajarkan adalah keliling dan luas persegi panjang dan persegi. Data diperoleh dari post test, lembar observasi kemampuan guru, dan angket respon siswa. Kemudian data dianalisis secara deskriptif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pre-experimental dengan desain one-shot case study. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar belum tuntas, strategi siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah ada 4 (draw a picture, look for a pattern, look for a similar problem, dan guess and check), kemampuan guru mengelola pembelajaran termasuk dalam kategori baik dan sangat baik, dan respon siswa sesuai untuk setiap aspek yang direspon, yaitu soal pemecahan masalah tergolong sulit namun siswa berminat untuk menyelesaikannya.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN SPASIAL SISWA DALAM MENGGAMBAR BANGUN RUANG MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DI KELAS IV SD KOTA BANDA ACEH (Nina Helmira, 2015)

A LANGUAGE ANALYSIS OF A TEXTBOOK ENTITLED “MY PALS ARE HERE! MATHEMATICS” FOR ELEMENTARY STUDENTS (A LANGUAGE INSTRUCTIONS ANALYSIS WITHIN “MY PALS ARE HERE!” MATHEMATICS TEXTBOOK FOR YEAR III STUDENTS) (Ranti Maulya, 2019)

KEMAMPUAN PESERTA DIDIK MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA TRENDS INTERNATIONAL MATHEMATICS AND SCIENCE STUDY (TIMSS) DI KELAS V SD NEGERI 51 BANDA ACEH (DELISMA SIREGAR, 2019)

STRATEGI SISWA MENYELESAIKAN SOAL PISA MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DI SMP NEGERI 19 PERCONTOHAN BANDA ACEH (KHALUKA AHSANA FITRI, 2017)

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN GEOMETRI DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) BERBANTUAN CABRI 3D (Nurul Asma, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy