PENGARUH KOMPOSISI MEDIA TANAM DAN KONSENTRASI AUKSIN TERHADAP PERTUMBUHAN SETEK TANAMAN TIN (FICUS CARICA L.) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH KOMPOSISI MEDIA TANAM DAN KONSENTRASI AUKSIN TERHADAP PERTUMBUHAN SETEK TANAMAN TIN (FICUS CARICA L.)


Pengarang

Herliana - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1505101050020

Fakultas & Prodi

Fakultas Pertanian / Agroteknologi (S1) / PDDIKTI : 54211

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

651.52

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komposisi media tanam serta konsentrasi auksin dan ada tidaknya interaksi terhadap pertumbuhan setek tanaman Tin. Pelaksanaan penelitian di mulai dari bulan Maret sampai dengan bulan Juni 2019 bertempat di Kebun Percobaan 1 dan di lanjutkan di Laboratorium Fisiologi Tumbuhan Fakultas Pertanian. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola faktorial 4 x 3 dan diulang sebanyak 3 kali. Adapun faktor yang diteliti komposisi media tanam 4 taraf (Tanah, 1 bagian tanah : 1 bagian pupuk kandang : 1 bagian sekam padi, 2 bagian tanah : 1 bagian pupuk kandang : 1 bagian sekam padi, 3 bagian tanah : 1 bagian pupuk kandang : 1 bagian sekam padi) dan konsentrasi auksin yang terdiri dari 3 taraf (0, 100, 200 ppm). Adapun hasil yang didapatkan yaitu perlakuan komposisi media tanam berpengaruh sangat nyata terhadap panjang tunas dan jumlah daun umur 4, 8, 12 MST, panjang akar,berat berangkasan basah, berat berangkasan kering serta berat basah akar dan berat kering akar. Untuk komposisi media tanam terbaik adalah 3 bagian tanah: 1 bagian pupuk kandang: 1 bagian sekam padi. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa konsentrasi auksin berpengaruh sangat nyata terhadap parameter panjang tunas dan jumlah daun umur 4, 8, 12 MST panjang akar, berat berangkasan basah, berat berangkasan kering, serta berat basah akar dan berat kering akar. Konsentrasi terbaik untuk pertumbuhan setek tanaman tin adalah pada konsentrasi 0 ppm. Adanya interaksi yang sangat nyata antara komposisi media tanam serta konsentrasi auksin terhadap panjang tunas dan jumlah daun umur 4, 8 dan 12 MST, panjang akar, berat berangkasan basah, berat berangkasan kering serta berat basah akar dan berat kering akar. Pertumbuhan setek tanaman tin terbaik dijumpai pada kombinasi 3 bagian tanah: 1 bagian pupuk kandang: 1 bagian sekam padi dengan konsentrasi auksin 100 ppm.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK