//

PEMBUATAN BUSANA KERJA WANITA MENGGUNAKAN POLA DASAR BUSRA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang BUSRATUL HUSNA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Busratul Husna. 2019. Pembuatan Busana Kerja Wanita Menggunakan Pola Dasar Busra. Skripsi. Program Studi Pendidikan Vokasional Kesejahteraan Keluarga Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. (1) Dra. Mukhirah, M.Pd (2) Dr. Fadhilah, M.Pd Kata Kunci : Busana Kerja Wanita, Pola Dasar Busra, Busana kerja merupakan busana yang dipakai ketika melakukan pekerjaan sesuai dengan tugasnya masing–masing. Syarat-syarat busana kerja merupakan sederhana dalam bahan, warna, dan model, praktis, mudah dalam pemeliharaan, dan sesuai dengan jenis pekerjaan. Semua jenis busana kerja yang digunakan memberikan identitas secara kasat mata tentang suatu pekerjaan si pemakai. Tiap-tiap macam pola kontruksi diberi nama menurut nama si penciptanya atau nama orang yang mengembangkan salah satu macam pola tersebut, dengan perubahan sedikit demi sedikit dari pola aslinya, seperti pola dasar Busra yang dikembangkan dari pola-pola lain. Pola busana harus digambar dengan benar berdasarkan ukuran badan seseorang yang diukur secara cermat, agar hasil jadi busana nantinya sesuai dengan bentuk tubuh si pemakai. Begitu pula sebalikmya, jika ukuran yang diambil tidak tepat dan menggambar pola juga tidak benar, maka hasil yang didapatkan tidak akan sesuai dengan ukuran seseorang. Penelitian yang berjudul “Pembuatan Busana Kerja Wanita Menggunakan Pola Dasar Busra” dengan tujuan yaitu Menciptakan pola dasar Busra dan mengembangkannya sesuai desain busana kerja wanita, Melakukan proses pembuatan busana kerja wanita menggunakan pola dasar Busra, Mengetahui bagaimana hasil jahitan busana kerja wanita menggunakan pola dasar Busra. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen terapan menggunakan Penelitian kualitatif adalah penelitian yang dilakukan secara sistematis untuk menguji/mengembangkan teori-teori yang ada. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang pakar dalam bidang pola busana, dan subjek berikutnya adalah 1 orang dosen pengasuh mata kuliah busana dan praktisi dibidang pembuatan pola dan menjahit dan juga 5 orang pelanggan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah pola dasar Busra, desain produk, dan hasil produk yang berupa busana kerja wanita langkah-langkah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Studi Kepustakaan, Dokumentasi, Observasi, Eksperimen Terapan. Berdasarkan hasil penelitian busana kerja wanita model bluse dan rok yang didesain dan dijahit menggunakan langkah-langkah yang sistematis sesuai dengan desain model yang akan dijahit. Secara keseluruhan hasil eksperimen yang telah diperoleh sesuai untuk busana kerja yang bisa digunakan untuk segala golongan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN POLA DASAR BUSANA MELALUI SISTEM MODUL (Nurbaiti, 2021)

PROSES PEMBUATAN BUSANA KERJA WANITA PADA USAHA JABAR TAYLOR (Khairunnisa, 2019)

PENERAPAN POLA DASAR BUSANA WANITA PADA USAHA MENJAHIT PAKAIAN WANITA DI KECAMATAN DARUL IMARAH ACEH BESAR (ANNISA URSIAH, 2018)

HUBUNGAN KETERAMPILAN MENJAHIT DENGAN NILAI MATA KULIAH KONSTRUKSI BUSANA WANITA PADA MAHASISWA TATA BUSANA PKK FKIP UNSYIAH (Nurul Shoumi, 2016)

PENGGUNAAN BUSANA WANITA TANI DI DESA PADANG LAGEUN KABUPATEN ACEH JAYA (Hardianti, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy