//

POLA ASUH ORANGTUA DALAM MENGEMBANGKAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK TK DI KABUPATEN BENER MERIAH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang LISTIANDARI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Listiandari. 2019. Pola Asuh Orangtua dalam Mengembangkan Perilaku Prososial Anak TK di Kabupaten Bener Meriah. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: 1) Dr. Bahrun, M. Pd. 2) Rahmi, S. Pd.I, M. Ed. Kata Kunci: pola asuh, orangtua, perilaku prososial Pola asuh orangtua adalah cara orangtua mendidik, membimbing, mengasuh, mendisiplinkan anak dan merawat anak. Penting bagi para orangtua untuk menerapkan pola asuh yang tepat bagi anak agar dapat membentuk watak, kepribadian dan memberikan nilai-nilai yang baik pada anak. Pola asuh orangtua terhadap anak akan sangat berpengaruh terhadap sikap dan perilaku anak di masa mendatang, salah satunya adalah untuk membentuk perilaku prososial pada anak yaitu perilaku senang berbagi, suka menolong dan bekerjasama dengan teman sebaya anak. Tujuan penelitian untuk mengetahui pola asuh orangtua dalam mengembangkan perilaku prososial anak usia taman kanak-kanak. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Lokasi penelitian yaitu di tiga Taman Kanak-kanak (TK) di Kecamatan Wih Pesam, Kabupaten Bener Meriah. Subjek penelitian terdiri dari tiga subjek yakni orangtua yang memiliki anak berperilaku prososial. Objek penelitian adalah tiga anak berusia 5-6 tahun yang memiliki perilaku prososial dan berasal dari lembaga TK yang berbeda. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan trianguasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh demokratis yang lebih dominan diterapkan oleh para orangtua yang memiliki anak berperilaku prososial, meskipun ada orangtua yang menerapkan aturan-aturan seperti layaknya pola asuh otoriter namun orangtua masih memberikan keterangan atau sebuah penjelasan tentang aturan yang sengaja dibuat. Anak juga sangat dilibatkan dalam diskusi untuk menyetujui tidak melanggar aturan yang telah disepakati bersama. Diharapkan kepada para ayah dan ibu yang memiliki anak harus memiliki kesiapan mental menjadi orangtua dan harus sepakat memilih pola asuh mana yang cocok dan yang akan diterapkan kepada anak agar tidak salah dalam mengasuh, mendidik dan membimbing anak nantinya.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

POLA ASUH ORANGTUA DALAM PENGEMBANGAN KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI TK NEGERI 7 KOTA SABANG (RIZKY RAHAYU, 2020)

POLA PENDIDIKAN ANAK DISABILITAS DI SDLB NEGERI BAMBI KABUPATEN PIDIE (Khairuni, 2019)

INTERAKSI DAN PERILAKU KEMANDIRIAN ANAK ASUH DI YAYASAN SOS CHILDREN’S VILLAGE DESA LAMREUNG KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR (Vera Jannati Talsyah, 2019)

HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN ANAK USIA 1 SAMPAI 3 TAHUN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR (RINI ZIKRAYATI, 2015)

POLA PEMBINAAN ORANG TUA TERHADAP PERILAKU SOSIAL ANAK DI KECAMATAN KUALA KABUPATEN NAGAN RAYA (DEDI SAPUTRA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy