//

HUBUNGAN PENERAPAN ETIKA BATUK PADA PENDERITA TB PARU DENGAN KEJADIAN TB PARU PADA PASANGAN DI KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang PUTRI HERMAYA - Personal Name
SubjectTUBERCULOSIS
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Tuberkulosis (TB) Paru merupakan salah satu penyakit infeksi penyebab kematian tertinggi di dunia. Lingkungan yang memiliki risiko penularan Mikobakterium tuberkulosis (MTB) yang besar adalah rumah. Pasangan merupakan anggota yang memiliki lama dan kualitas kontak terbaik di rumah. WHO merekomendasikan 7 poin rekomendasi untuk mencegah transmisi MTB, salah satunya adalah penerapan etika batuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penerapan etika batuk pada penderita TB Paru dengan kejadian TB Paru pada pasangan penderita di Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan desain cross-sectional. Data diolah menggunakan uji chi square terhadap 94 sample yang diambil dengan simple random sampling. Hasil penelitian didapatkan 76,6% dari penderita TB Paru tidak menerapkan etika batuk dengan baik dan hanya 3,2% pasangan penderita yang mengalami TB Paru. Kejadian TB Paru pada pasangan yang rendah menyebabkan hasil yang tidak signifikan pada analisis bivariat antara hubungan penerapan etika batuk pada pasangan penderita dengan kejadian TB Paru pada pasangan di Kecamatan Darul Imarah Kabupaten Aceh Besar (p=0,072). Hal ini disebabkan sedikitnya jumlah pasangan yang terkena TB Paru. Faktor lingkungan dalam pengendalian MTB dan peran genetik dalam kerentanan terhadap MTB diduga berperan dalam kejadian ini. Kata kunci: Etika Batuk, kejadian TB Paru pada Pasangan penderita TB Paru

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PENDERITA TUBERKULOSIS PARU DENGAN KEPATUHAN MINUM OBAT ANTI TUBERKULOSIS (OAT)DI RSUD DR. HUSNI THAMRIN NATAL KABUPATEN MANDAILING NATAL (Rolan Ronaldo, 2018)

ASPERGILLOSIS PADA PUYUH (COTURNIX JAPONICA) (NATASHA, 2018)

HUBUNGAN PENGETAHUAN, FAKTOR PELAYANAN KESEHATAN DAN PENGAWAS MENELAN OBAT DENGAN TINGKAT KEPATUHAN BEROBAT PENDERITA TUBERKULOSIS PARU DI PUSKESMAS SAKTI (Fachrul Razi, 2016)

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN UPAYA PENCEGAHAN PENULARAN TUBERKULOSIS PARU DI ACEH BESAR (OFFI MIRANDA M, 2019)

HUBUNGAN PENGETAHUAN, FAKTOR PELAYANAN KESEHATAN DAN PMO DENGAN TINGKAT KEPATUHAN BEROBAT PASIEN TB PARU DI PUSKESMAS SAKTI (Fachrul Razi, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy