//

ANALISIS TARIF TOL BERDASARKAN PERHITUNGAN BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN (BOK) PADA RUAS JALAN TOL SIGLI - BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ade Nurmala Sari - Personal Name

Abstrak/Catatan

Salah satu upaya pemerintah pusat dalam memajukan sebuah daerah adalah dengan membangun infrastruktur di daerah tersebut, dimana pembangunan jalan tol di Aceh merupakan salah satu usaha pemerintah dalam meningkatkan perekonomian di Aceh. Jalan Tol Sigli - Banda Aceh merupakan jalan tol pertama di Aceh, sehingga diperlukan penelitian terhadap tarif tol rencana untuk ruas jalan tersebut. Akibat kondisi jalan eksisiting yang tidak datar menyebabkan kecepatan kendaraan yang melintasi jalan Banda Aceh - Sigli menjadi berkurang sehingga menjadikan pengeluaran yang lebih besar terhadap Biaya Operasional Kendaraan (BOK). Tujuan dari penelitian ialah untuk menganalisis perbandingan antara BOK pada jalan eksisting Banda Aceh Sigli dengan BOK pada Jalan Tol Sigli - Banda Aceh. Selanjutnya dilakukan analisis terhadap Besar Keuntungan Biaya Operasional Kendaraan untuk dapat menentukan besar tarif tol dasar berdasarkan tarif maksimal 70% nilai BKBOK. Metode yang digunakan dalam perhitungan BOK pada tiga golongan kendaraan (golongan I (LV), golongan IIA (MHV), dan golongan IIB (LT & LB) adalah PCI (pacific Consultant International) 2000. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer yang digunakan adalah data pengamatan langsung dari lapangan, seperti volume lalu lintas dan waktu tempuh. Sedangkan data sekunder adalah data yang diperoleh dari instansi terkait, seperti data harga satuan unit biaya pendukung BOK yang didapat dari bengkel-bengkel yang ada di kota Banda Aceh. Berdasarkan penelitian dan pengolahan data yang dilakukan didapatkan kecepatan rata-rata pada jalan eksisting 48,2 km/jam untuk kendaraan golongan I (LV), 42,8 km/jam untuk kendaraan golongan IIA (MHV), dan 33,3 km/jam untuk kendaraan golongan IIB (LT & LB). Tarif dasar tol berdasarkan maksimal 70% nilai BKBOK didapatkan tarif dasar tol pada ruas Jalan Tol Sigli - Banda Aceh sebesar Rp 87.290 untuk kendaraan golongan I (LV), Rp 255.154 untuk kendaraan golongan IIA (MHV), dan Rp 370.614 untuk kendaraan golongan IIB (LT & LB) atau Rp 1200/km untuk kendaraan golongan I (LV), Rp 3.400/km untuk kendaraan golongan IIA (MHV), dan Rp 5.000/km untuk kendaraan golongan IIB (LT & LB). Kata kunci: Tarif Dasar Tol, Biaya Operasional Kendaraan, BKBOK, Tol Sigli – Banda Aceh

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STUDI PENENTUAN TARIF TOL RENCANA RUAS JALAN TOL SIGLI - BANDA ACEH (QASIM HISBUL WATHAN, 2019)

ANALISIS RENCANA TARIF JALAN TOL BERDASARKAN PENDEKATAN WILLINGNESS TO PAY (WTP) DAN ABILITY TO PAY (ATP) PADA RENCANA RUAS JALAN TOL SIGLI - BANDA ACEH (Faisal, 2019)

STUDI PENGGUNAAN JALAN ALTERNATIF TERHADAP BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN (STUDI KASUS PADA JL. BERINGIN DAN JALAN ANGSA MENUJU JL. DR. MR. M. HASAN BATOH KOTA BANDA ACEH) (Haris Munandar, 2014)

ANALISIS BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN DAN BIAYA WAKTU PADA JALAN ALTERNATIF MENDALE – SIMPANG KRAFT KABUPATEN ACEH TENGAH (Eka Satrya Putra, 2014)

ANALISA TARIF BUS TRANS KOETARADJA BERDASARKAN BIAYA OPERASIONAL KENDARAAN, ABILITY TO PAY DAN WILLINGNESS TO PAY (STUDI KASUS KORIDOR 1 KEUDAH – DARUSSALAM DAN SEBALIKNYA) (Hanifah, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy