//

ANALISIS DAYA TERIMA KONSUMEN DAN NILAI GIZI KERUPUK OPAK DENGAN PENAMBAHAN IKAN LUEBIM (CANTHIDERMIS MACULATA)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ulil Azmi - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Ulil, Azmi. 2019. Analisis Daya Terima Konsumen dan Nilai Gizi Kerupuk Opak dengan Penambahan Ikan Luebim (Canthidermis maculata). Skripsi, Program Studi Pendidikan Vokasional Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Suryati Sufiat, M.Pd., (2) Dra. Indani, M.Pd Kata kunci: Daya terima, Konsumen, Kerupuk opak, Gizi, Ikan luebim Ikan luebim (Canthidermis maculata) merupakan salah satu jenis ikan yang dapat diolah sebagai tambahan nutrisi kerupuk opak. Tujuan Penelitian untuk (1) mengetahui daya terima konsumen melalui uji organoleptik terhadap penambahan ikan luebim, (2) nilai gizi kerupuk opak ikan luebim. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan 2 kali perlakuan dan 3 kali pengulangan menggunakan desain Rancangan Acak Lengkap (RAL). Percobaan ini menggunakan 3 tingkatan dari penambahan daging ikan luebim (0%), (20%),(40%). Dari hasil uji penerimaan yang dilakukan oleh 30 orang mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan menggunakan 5 tingkatan skala hedonic scale, hasilnya menunjukkan kerupuk opak dengan penambahan daging ikan luebim sangat disukai dan nilai gizinya juga meningkat. Berdasarkan hasil uji penerimaan hampir secara keseluruhan formula yang disukai penelis konsumen adalah pada formula AI dan memiliki nilai tertinggi yaitu dengan penambahan daging ikan luebim 20% pada kerupuk opak karena memiliki karakteristik aroma khas ikan luebim, tekstur renyah, rasa umami sedangkan untuk warna panelis konsumen lebih menyukai formula A0 yakni tanpa penambahan daging ikan luebim pada kerupuk opak. Hasil uji proksimat diketahui kerupuk opak ikan luebim mengandung unsur gizi karbohidrat 83,32%, kadar protein 8,42%, kadar lemak 1,99%, kadar abu 0,47%, dan kadar air 3,00%.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP KERUPUK TEPUNG DAUN KELOR (MORINGA OLEIFERA L) DENGAN PENAMBAHAN DAGING IKAN LUBIEM (CANTHIDERMIS MACULATA) (Nanda Fitri, 2016)

DAYA TERIMA KONSUMEN TERHADAP KERUPUK SAGU (METROXYLON SAGO ROTTB) DENGAN PENAMBAHAN DAGING IKAN PARANG-PARANG (CHIROCENTRUS DORAB) (Melda Asman, 2015)

DAYA TERIMA KONSUMEN TERHADAP KERUPUK KULIT LUAR MELINJO (SARCOTESTA) (Rifqatul Hasanah, 2018)

ANALISIS ZAT GIZI KERUPUK SAGU (METROXLON SAGO ROTTB) DENGAN PENAMBAHAN DAGING IKAN PARANG-PARANG (CHIROCENTRUS DORAB) (ayna rugayah, 2015)

SUBSTITUSI TEPUNG TAPIOKA DENGAN TEPUNG KIMPUL (XANTHOSOMA SAGITTIFOLIUM) TERHADAP KARAKTERISTIK ORGANOLEPTIK KERUPUK (SITI MUARIFAH, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy