//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA MATERI BENDA DAN SIFATNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 71 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nur Masyithah - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
LEARNING - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Penelitian ini berjudul “Penerapan model pembelajaran jigsaw pada materi Benda dan sifatnya terhadap hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar negeri 71 Banda Aceh”. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah. Bagaimanakah hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran jigsaw pada materi benda dan sifatnya terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 71 Banda Aceh serta Bagaimanakah aktivitas siswa selama proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran jigsaw pada materi benda dan sifatnya di kelas IV SD Negeri 71 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran jigsaw pada materi benda dan sifatnya di kelas IV SDN 71 Banda Aceh, serta untuk mengetahui bagaimana aktivitas siswa dalam penerapan model pembelajaran jigsaw. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 26 orang siswa pada tahun ajaran 2012. Untuk mengumpulkan data penelitian digunakan instrumen penelitian yaitu observasi dan tes. Hasil penelitian ini diolah dengan menggunakan presentase.dengan hasil belajar siswa yang diperoleh persentase 92,30%. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa rata-rata skor Hasil belajar siswa 74,03 melalui penerapan model pembelajaran jigsaw pada materi benda dan sifatnya di kelas IV SDN 71 Banda Aceh secara klasikal tergolong baik. Keaktivan siswa berada pada kategori sangat baik, hal ini terlihat dengan adanya peningkatan aktivitas siswa antara pertemuan I yaitu 3,7, pertemuan ke II yaitu 4,1 dan pertemuan III yaitu 4,4. Dalam mempelajari materi benda dan sifatnya melalui penerapan model pembelajaran jigsaw di kelas IV SDN 71 Banda Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BENDA DAN SIFATNYA KELAS V SD NEGERI 12 BANDA ACEH (Mulyadi, 2021)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X SMA NEGERI 11 KOTA BANDA ACEH SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2011-2012 (Syahrul Ridha, 2021)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE GRUP INVESTIGASI DENGAN MODEL JIGSAW PADA MATERI PERUBAHAN BENDA KELAS VI SD NEGERI 56 BANDA ACEH (Zahraton Nida, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ENERGI PANAS DAN BUNYI DI KELAS IV SDN 5 BANDA ACEH (siti murah, 2013)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 2 SEULIMEUM KABUPATEN ACEH BESAR (NURLAILA, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy