//

PEMILIHAN TEKNIK AKUISISI SPEKTRUM NIRS UNTUK MEMBEDAKAN KOPI ARABIKA GAYO DAN ROBUSTA GAYO DENGAN METODE PCA (PRINCIPAL COMPONENT ANALYSIS)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ALMIZAN - Personal Name

Abstrak/Catatan

Abstrak. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah menentukan teknik akuisisi spektrum NIRS untuk membedakan kopi Arabika Gayo dan kopi Robusta Gayo dengan menggunakan metode PCA. Penelitian ini menggunakan sampel biji Kopi Arabika dan Robusta Gayo dalam tiga bentuk, yaitu biji kopi beras, biji kopi sangrai dan bubuk. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 90 sampel. perlakuan yang dilakukan diantaranya klasifikasi kopi arabika murni dan robusta murni, dan klasifikasi Arabika dan Robusta murni dengan campuran diantara keduanya. Untuk persentase pencampuran yang dilakukan yaitu 25% Arabika dan 75% Robusta. Alat yang dipakai untuk penelitan ini adalah self developed FT-IR IPTEK T-1516. Penelitian ini menghasilkan (1) teknik akuisisi yang baik untuk spektrum NIRS kopi dengan ketentuan alat bekerja melakukan pemindaian sebanyak 32 kali, optical gain 8 kali, resolusi 8,0 cm-1 pada rentang 1000-2500 nm dengan interval 0,4 nm dan akuisisi dapat dilakukan baik dalam bentuk biji beras,biji sangrai dan bubuk. (2) NIRS dengan metode PCA mampu mengklasifikasi ketiga bentuk sampel dengan baik dimana tingkat keberhasilan di atas 90%. Kata Kunci : Non Destruktif Test (NDT), Near Infrared Reflectance Spectroscopy (NIRS), Kopi

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGEMBANGAN METODE KLASIFIKASI BIJI KOPI BERAS ARABIKA GAYO DAN ROBUSTA GAYO DENGAN METODE PCA (PRINCIPAL COMPONENT ANALYSIS) (Ilka Agusti Febriansyah, 2019)

PENGEMBANGAN METODE KLASIFIKASI BIJI KOPI SANGRAI ARABIKA GAYO DAN ROBUSTA GAYO DENGAN METODE PCA (PRINCIPAL COMPONENT ANALYSIS) (CUT FARADILLA ZHA ZHA MAURA, 2019)

AKUISISI SPEKTRUM NEAR INFRARED REFLECTANCE PADA BUBUK KOPI ARABIKA (KENARY COFFEE) DAN BUBUK KOPI ROBUSTA (KOPI ULEE KARENG) (Hairatun, 2017)

PEMILIHAN TEKNIK AKUISISI SPEKTRUM LIBS-QCL UNTUK MEMBEDAKAN KOPI ARABIKA GAYO DAN ROBUSTA GAYO DENGAN METODE PCA (PRINCIPAL COMPONENT ANALYSIS) (RINA HARVINA SUCI, 2019)

DETEKSI BUBUK KOPI LUWAK MURNI DAN BUBUK KOPI LUWAK CAMPURAN DENGAN TEKNOLOGI HIDUNG ELEKTRONIK (MUBARAK HULDA, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy