//

ANALISIS KONSUMSI DAN KOEFISIEN CERNA PROTEIN KASAR DAN SERAT KASAR SAPI ACEH JANTAN DENGAN IMBANGAN PEMBERIAN KONSENTRAT DAN HIJAUAN DI BPTU – HPT INDRAPURI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Farhan Muda - Personal Name
SubjectGASTROPODA
PROTEIN
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi terhadap besar konsumsi dan koefisien cerna protein kasar dan koefisien cerna serat kasar sapi aceh jantan dengan pemberian imbangan konsentrat dan hijauan.Penelitian ini dilaksanakan di Balai Penelitian Ternak Unggul Dan Hijauan Pakan Ternak (BPTU-HPT) Indrapuri, Aceh Besar. Penelitian ini dilaksanakan selama 45 hari dimulai pada tanggal 12 Oktober sampai dengan tanggal 25 Novembeer 2018. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 12 ekor sapi Aceh jantan dengan umur berkisar 1,5 - 2,0 tahun dan berat badan berkisar 150 – 175 kg yang diperoleh dari Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan ternak (BPTU-HPT) Indrapuri. Konsentrat yang diberikan adalah konsentrat komersial (Big Geny) produksi PT. Cargill, dan hijauan yang diberikan adalah rumput gajah umur 30-35 hari menjelang berbunga yang diperoleh dari BPTU-HPT Indrapuri. Penelitian ini terdiri dari 4 perlakuan dan 3 ulangan. Data yang diperoleh seperti konsumsi ransum, koefisien cerna protein kasar dan koefisien cerna serat kasar selanjutnya akan diolah menggunakan Rancangan Acak Lengkap, jika didapatkan hasil yang berbeda maka akan dilanjutkan dengan uji Duncan. Perlakuan A yaitu 100% Rumput gajah, B 20% konsentrat dan 80% Rumput gajah, C yaitu 40% Konsentrat 60% Rumput gajah dan D yaitu 60% Konsentrat 40% Rumput gajah. Parameter yang diamati adalah : konsumsi ransum, koefisien cerna protein kasar, koefisien cerna serat kasar dan hubungan regresi koefisien cerna protein kasar dengan koefisien cerna serat kasar. Berdasarkan data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemberian imbangan antara konsentrat dan hijauan pada sapi aceh jantan berpengaruh terhadap konsumsi ransum, koefisien cerna protein kasar dan koefisien cerna serat kasar. Berdasarkan rataan tiap perlakuan bisa disimpulkan perlakuan pemberian 40% konsentrat yang menjadi rataan tertinggi di tiap perlakuan. Berdasarkan nilai regresi linier nilai signifikansi 0,000 < 0,05, dapat disimpulkan bahwa KCSK berpengaruh terhadap KCPK.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI DAYA CERNA PAKAN RUMINANSIA BERDASARKAN PERBEDAAN PROPORSI ANTARA HIJAUAN DAN KONSENTRAT PADA SAPI ACEH JANTAN (Syah Mohd Hadiid Thaariq, 2013)

PENGARUH PEMBERIAN PAKAN HIJAUAN DAN KONSENTRAT TERHADAP KINERJA PERTUMBUHAN BOBOT BADAN DAN BEBERAPA UKURAN TUBUH SAPI ACEH JANTAN DI BPTU INDRAPURI (Irwan Fauziman, 2013)

PERBANDINGAN GLUKOSA DAN TOTAL PROTEIN DARAH PADA SAPI ACEH JANTAN DEWASA DAN SAPI ACEH JANTAN AFKIR DI BPTU- HPT INDRAPURI PERBANDINGAN GLUKOSA DAN TOTAL PROTEIN DARAH PADA SAPI ACEH JANTAN DEWASA DAN SAPI ACEH JANTAN AFKIR DI BPTU- HPT INDRAPURI PERBANDINGAN GLUKOSA DAN TOTAL PROTEIN DARAH PADA SAPI ACEH JANTAN DEWASA DAN SAPI ACEH JANTAN AFKIR DI BPTU- HPT INDRAPURI (KHAIRUNNISA PANE, 2021)

EVALUASI NILAI KECERNAAN BAHAN KERING DAN BAHAN ORGANIK AMONIASI AMPAS SEREH WANGI (CYMBOPOGON NARDUS) PADA DOMBA EKOR TIPIS JANTAN (Nurul A`la, 2019)

ANALISIS INCOME OVER FEED COST PENGGEMUKAN SAPI ACEH JANTAN DENGAN LEVEL PEMBERIAN PAKAN KONSENTRAT KOMERSIAL ( BIG GENY ) DI BPTU-HPT INDRAPURI (Agus Safiatullah, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy