PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR DI KELAS IV SDN LHOKSEUMULU ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR DI KELAS IV SDN LHOKSEUMULU ACEH BESAR


Pengarang

NUZUL KURYANI - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0906104040084

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2014

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Kata Kunci: Model kooperatif tipe NHT, keliling dan luas bangun datar
Judul dari penelitian ini adalah “Penerapan Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe NHT pada Materi Keliling dan Luas Bangun Datar di Kelas IV
SDN Lhokseumulu Aceh Besar”. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah
“Apakah melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT siswa dapat
mencapai ketuntasan belajar pada materi keliling dan luas bangun datar kelas IV
SDN Lhokseumulu Aceh Besar?”. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa melalui model pembelajaran
kooperatif tipe NHT pada materi keliling dan luas bangun datar kelas IV SDN
Lhok seumulu Aceh Besar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan
kuantitatif, sedangkan jenis penelitian bersifat eksperimen semu. Populasi dari
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Lhokseumulu Aceh Besar yang
berjumlah 53 siswa. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas IV yang
berjumlah 27 siswa. Untuk memperoleh data dilakukan penyebaran soal tes yang
berbentuk uraian. Setelah data terkumpul, diolah dan dianalisis dengan
menggunakan statistik uji-t, pada taraf signifikan = 0,05. Setelah data diolah
dengan menggunakan uji-t, diperoleh t > t yaitu 7,92 > 1,71. Maka,
dinyatakan ditolak sehingga diterima. Oleh karena itu, hipotesis penelitian
ini menyatakan bahwa “Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat
mencapai ketuntasan hasil belajar siswa di kelas IV SDN Lhokseumulu Aceh
Besar pada materi keliling dan luas bangun datar”, dapat diterima.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK