PERBANDINGAN INDEKS PRESTASI KUMULATIF MAHASISWA JALUR MASUK SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI DAN SELEKSI BERSAMA MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI PADA JURUSAN PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNSYIAH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PERBANDINGAN INDEKS PRESTASI KUMULATIF MAHASISWA JALUR MASUK SELEKSI NASIONAL MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI DAN SELEKSI BERSAMA MASUK PERGURUAN TINGGI NEGERI PADA JURUSAN PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNSYIAH


Pengarang

AFRA MULYA ALAMSYAH - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1506103030040

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Fisika (S1) / PDDIKTI : 84203

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Alamsyah, Afra Mulya. 2019. Perbandingan Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Jalur Masuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri Pada Jurusan Pendidikan Fisika FKIP Unsyiah. Skripsi, Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
(1) Dr. Evendi, M.Pd., (2) Dra. Susanna, M.Pd
Kata kunci: IPK, jalur masuk, SNMPTN, SBMPTN
Jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ada 3, yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Jalur Mandiri. Setipa jalur masuk memiliki persyaratan tersendiri yang harus dipenuhi bagi calon mahasiswa. Jalur SNMPTN yang merupakan jalur undangan yang hanya dapat diikuti oleh siswa yang memiliki prestasi di sekolah, sedangkan jalur SBMPTN dan Jalur Mandiri merupakan jalur ujian yang dapat diikuti oleh semua calon mahasiswa yang gagal pada jalur sebelumnya. Perbedaan persyaratan pada tiap jalur masuk menimbulkan persepsi bahwa mahasiswa yang lulus melalui jalur SNMPTN memiliki prestasi yang lebih baik daripada mahasiswa yang lulus melalui jalur SBMPTN. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan IPK mahasiswa yang lulus melalui jalur masuk SNMPTN dan SBMPTN pada Jurusan Pendidikan Fisik FKIP Unsyiah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif dalam jenis penelitian komparasi/perbandingan. Populasi pada penelitian ini yaitu mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP Unsyiah angkatan 2017 & 2018 sebanyak 121 orang. Sampel penelitian yaitu mahasiswa Pendidikan Fisika angkatan 2017 & 2018 yang lulus melalui jalur masuk SNMPTN dan SBMPTN sejumlah 47 dan 57 orang. Pengumpulan data penelitian melalui metode dokumentasi dari cacatan jalur masuk dan transkip nilai mahasiswa pada Jurusan Pendidikan Fisika FKIP Unsyiah. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dengan menggunakan t test dua sampel diperoleh thitung (t0) = 0,71 dan ttabel (t?) = 1,980. Hasil analisis tersebut menyimpulkan bahwa tidak ada perbedaan IPK mahasiswa yang lulus melalui jalur masuk SNMPTN dan SBMPTN pada Jurusan Pendidikan Fisika FKIP Unsyiah untuk angkatan 2017 dan 2018.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK