//

APLIKASI NEAR INFRARED SPECTROSCOPY (NIRS) UNTUK MENGETAHUI KANDUNGAN HARA NITROGEN FOSFOR DAN KALIUM PADA INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH RUMAH TANGGA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SUSWITA SARI - Personal Name
SubjectCOMPUTER SCIENCE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Abstrak. Permasalahan sanitasi di lingkungan Kota Banda Aceh erat kaitannya dengan buangan air limbah rumah tangga, menurut data BPS jumlah penduduk kota Banda Aceh adalah 259.91 jiwa. Kebutuhan air bersih 120 liter/orang/ hari, dengan pemakaian terbesar adalah untuk keperluan kamar mandi sebanyak 75 liter/orang/hari dari total 45% pemakaian air, maka besarnya potensi air imbah rumah tangga yang di hasilkan di Kota Banda Aceh mencapai 9.321,165 liter/orang/hari dan belum dimanfaakan secara optimal, karena kurangnya pengetahuan masyarakat tentang pemanfaatan air limbah rumah tangga. Berdasarkan Keputusan Mentri Lingkungan Hidup Nomor 12 Tahun 2003 tentang baku mutu air limbah rumah tangga, limbah cair menghasilkan senyawa organik yang dapat diolah dengan proses digestasi anaerobik dan dapat digunakan sebagai pupuk organik yang mengandung unsur hara nitrogen, fosfor, kalium dan sejumlah unsur hara makro dan mikro lainnya. Pengujian kandungan hara dapat dilakukan di laboratorium menggunakan campuran bahan kimia, membutuhkan waktu yang lama sehingga tidak efisien, dan membutuhkan biaya yang relatif mahal. Penggunaan Near Infrared Sprctroscopy (NIRS) merupakan teknologi alternatif yang dapat menggantikan pengujian di laboratorium dapat menganalisa dan memberikan informasi mengenai unsur hara pada air IPAL, karena air IPAL merupakan salah satu bahan biologik yang memiliki karakteristik elektromagnetik tertentu yang dapat dianalisa menggunakan NIRS, dengan konfigurasi alur kerja (workflow) pada panjang gelombang 1000-2500 nm. Spektrum yang telah diakuisisi, dianalisis dengan menggunakan metode Partial Least Square (PLS). Metode koreksi yang digunakan yaitu Smoothing Savitzky-Golay dan Mean Normalization (MN). Kata kunci: Air limbah rumah tangga, Near Infrared Reflectance Spectroscopy, Partial Least Square (PLS)

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

APLIKASI NEAR INFRARED SPECTROSCOPY (NIRS) UNTUK MENGETAHUI KANDUNGAN HARA NITROGEN FOSFOR DAN KALIUM PADA INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH RUMAH TANGGA (SUSWITA SARI, 2019)

APLIKASI NEAR INFRARED REFLECTANCE SPECTROSCOPY (NIRS) UNTUK IDENTIFIKASI KADAR FOSFOR (P) DAN KALIUM (K) PADA PUPUK ORGANIK DARI LIMBAH PERTANIAN (Fara Chyntia, 2019)

ANALISIS UNSUR HARA NITROGEN (N), FOSPOR (P) DAN KALIUM (K) PADA PUPUK ORGANIK LIMBAH KULIT BUAH HASIL PENGOMPOSAN LUBANG RESAPAN BIOPORI (MUHAMMAD FACHRIZAL, 2020)

DETEKSI CEPAT KANDUNGAN KARBON (C) DAN NITROGEN (N) PADA PUPUK KOMPOS DARI LIMBAH PERTANIAN MENGGUNAKAN NEAR INFRARED REFLECTANCE SPECTROSCOPY (NIRS) (ABDUL ARIF SINAGA, 2019)

STUDY HYBRID TEKNOLOGI LASER – NEAR INFRARED SPECTROSCOPY UNTUK IDENTIFIKASI UNSUR HARA PADA LAHAN GAMBUT (ENDAMIN, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy