//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES PADA MATERI PENYESUAIAN MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA DI KELAS V SDN 1 TAPAKTUAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang AYU AFRIANA - Personal Name
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
EDUCATIONAL MEDIA
TEACHING METHODS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Kata kunci: Model Examples Non Examples, Penyesuaian Makhluk Hidup dengan Lingkungannya, Ketuntasan Belajar. Model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples merupakan salah satu model pembelajaran yang menampilkan gambar sesungguhnya sesuai dengan materi pelajaran, sehingga diharapkan model pembelajaran ini dapat mengatasi masalah siswa di SDN 1 Tapaktuan yakni proses pembelajarannya kurang menarik dan siswa tidak termotivasi dalam belajar. Akibat dari masalah tersebut hasil belajar menjadi rendah tidak mencapai nilai KKM yang ditetapkan oleh pihak sekolah. Berdasarkan hal tersebut, penulis mengadakan penelitian yang berjudul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples pada Materi Penyesuaian Makhluk Hidup dengan Lingkungannya di Kelas V SDN 1 Tapaktuan”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples dapat mencapai ketuntasan belajar siswa pada materi penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungannya di kelas V SDN 1 Tapaktuan?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples pada materi penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungannya di kelas V SDN 1 Tapaktuan. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, sedangkan jenis penelitian bersifat eksperimen semu. Sampel dalam penilitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 1 Tapaktuan Kabupaten Aceh Selatan yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes yang berbentuk pilihan ganda berjumlah 20 soal. Data dianalisis dengan menggunakan statistik uji-t, pada taraf signifikan α = 0,05. Dari analisis data, diperoleh t_hitung>t_tabel = 4,29 > 1,72. Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis, tolak H_0 dan〖 H〗_1 diterima. Sehingga kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Examples Non Examples dapat mencapai ketuntasan belajar siswa pada materi penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungannya di kelas V SDN 1 Tapaktuan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STADRN PADA MATERI PENYESUAIAN MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA DI KELAS V SDN MON ARA RNLUENG PUTU KABUPATEN PIDIE JAYA (riza zulaika, 2014)

PERBANDINGAN MODEL KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 22 KOTA BANDA ACEH (husnul khatimah, 2014)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURERNDENGAN MODEL PEMBELAJARANRNEXAMPLES NON EXAMPLES (cut elisa octadiana, 2014)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATERI GEOGRAFI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES DENGAN GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS VIII MTSN GLUMPANG MINYEUK KABUPATEN PIDIE. (Nana Risna, 2015)

PERBEDAAN HASIL BELAJAR YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES DAN PICTURE AND PICTURE PADA KONSEP CAHAYA SISWA KELAS VIII SMP 4 BANDA ACEH (ULFA MAULI HAZIRNI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy