PENGGUNAAN KATA DEPAN DALAM KARANGAN DESKRIPSI PESERTA DIDIK KELAS IVA DI SD NEGERI 1 PAGAR AIR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENGGUNAAN KATA DEPAN DALAM KARANGAN DESKRIPSI PESERTA DIDIK KELAS IVA DI SD NEGERI 1 PAGAR AIR


Pengarang

USWATUN HASANAH - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1506104040079

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Hasanah, Uswatun. 2019. Penggunakan Kata Depan dalam Karangan Deskripsi Peserta Didik Kelas IVa di SD Negeri 1 Pagar Air. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing :

( 1 ) Drs. Bukhari, M.Pd ( 2 ) Drs. Awaluddin, M.Pd

Kata kunci : kemampuan, penggunaan kata depan, karangan deskripsi
Keterampilan berbahasa meliputi kegiatan menyimak, membaca, menulis dan berbicara. Dari keempat keterampilan berbahasa tersebut yang akan menjadi fokus penelitian adalah keterampilan menulis khususnya menulis karangan deskripsi. Karangan deskripsi adalah menggambarkan objek yang dilihat, didengar, dirasakan oleh pancaindera. Dalam menulis karangan deskripsi peserta didik sering mengalami kesulitan, terutama dalam penggunaan kata depan yang disebabkan oleh kurangnya pemahaman dan belum bisa membedakan antara kata depan dan awalan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan penggunaan kata depan dan bentuk kesalahan dalam karangan deskripsi peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tingkat kemampuan dan bentuk kesalahan penggunakan kata depan dalam karangan deskripsi, pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualititatif dengan jenis penelitian desktiptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 31 peserta didik kelas IVa di SD Negeri 1 Pagar Air. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Data diolah dengan menggunakan rumus persentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan, nilai tertinggi yang mampu dicapai peserta didik adalah 100, sedangkan nilai terendah adalah 0. Selanjutnya secara keseluruhan nilai rata-rata berdasarkan kategori penilaian kemampuan peserta didik berada pada kategori sangat baik yaitu 82,54. Maka dapat dideskripsikan bahwa peserta didik kelas IVA SD Negeri 1 Pagar Air mampu menggunakan kata depan dalam karangan deskripsi dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah dan ketentuan yang berlaku. Adapun bentuk kesalahan penggunaan kata depan yang dilakukan peserta didik yaitu penggunaan kata depan di dan kata depan ke yang penulisannya ditulis serangkai dengan kata yang mengikutinya.







Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK