KEANEKARAGAMAN DAN KEPADATAN FITOPLANKTON PADA TEMPAT PERINDUKAN LARVA NYAMUK AEDES ALBOPICTUS DI KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

KEANEKARAGAMAN DAN KEPADATAN FITOPLANKTON PADA TEMPAT PERINDUKAN LARVA NYAMUK AEDES ALBOPICTUS DI KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH


Pengarang

Sunarti - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1209200150050

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Sunarti 2017, Judul: Keanekaragaman dan Kepadatan Fitoplankton pada tempat perindukan larva nyamuk Aedes albopictus di Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh.
(Pembimbing I Prof. Dr. M.Ali S., M.Si., Pembimbing II Dr. Mudatsir, M.Kes.)

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan mengetahui indeks keanekaragaman fitoplankton, kepadatan larva nyamuk Aedes albopictus, kepadatan fitoplankton, spesies-spesies fitoplankton dan hubungan antara fitoplankton dengan larva nyamuk Aedes albopictus di tempat perindukan nyamuk Aedes albopictus di Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh. Objek penelitian adalah fitoplankton dan larva nyamuk Aedes albopictus yang diambil di lokasi penelitian diidentifikasi di Laboratoium Prodi Pendidikan Biologi UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Pengambilan data dilakukan pada Bulan Desember 2014 dan Januari 2015. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif eksploratif. Parameter penelitian adalah kepadatan larva nyamuk Aedes albopictus, kepadatan fitoplankton dan keanekaragaman fitoplankton yang terdapat pada berbagai tempat perindukan yang tertampung pada tempat perindukan diperoleh dari lokasi penelitian. Data indeks keanekaragaman fitoplankton dianalisis dengan menggunakan indeks keanekaragaman jenis Shanon_Winner, Kepadatan larva nyamuk Aedes albopictus dianalisis dengan menggunakan Countainer Indeks,House Indeks dan Breteu Indeks dan Density Figure, kepadatan fitoplankton dianalisis dengan menggunakan rumus kepadatan fitoplankton, spesies-spesies fitoplankton pada media perindukan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif yang disajikan dengan gambar dan tabulasi dan hubungan antara larva nyamuk Aedes albopictus dan fitoplankton dianalisis dengan menggunakan indeks korelasi Produck Moment. Hasil penelitian diperoleh. Indeks keanekaragaman fitoplankton adalah 2,538, hal ini menunjukkan bahwa keanekaragaman fitoplankton di Kecamatan Syiah Kuala tersebut adalah sedang. Kepadatan larva nyamuk Aedes albopictus adalah 8 dan kepadatan fitoplankton adalah 688 ind/L (Rukoh), 1248 ind/L (Kopelma Darussalam) dan 834 ind/L (Ie Masen Kayee Adang) dengan 15 spesies fitoplankton. Untuk indeks korelasi (nilai hubungan) antara larva nyamuk Aedes albopictus dan fitoplankton diperoleh 0,94 hal ini menunjukkan hubungan korelasi positif. Artinya keberadaan larva nyamuk Aedes albopictus dipengaruhi oleh ketersediaan fitoplankton di media perindukan.

Kata kunci : Aedes albopictus, Keanekaragaman Fitoplankton, Kecamatan Syiah Kuala

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK