//

PENGGUNAAN MEDIA BAHAN BEKAS UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK AL-FITRAH ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Hidayatuna - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Hidayatuna, 2019. Penggunaan Media Bahan Bekas Untuk Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini Kelompok B di TK Al-Fitrah Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. bahrun, M.Pd. (2) Dina Amalia, S.Psi., M.Sc. Kata Kunci: Motorik Halus, Bahan Bekas, Anak Usia Dini. Keterampilan motorik halus merupakan salah satu aspek perkembangan yang harus dikembangkan pada anak usia dini. Aspek ini berkaitan dengan gerak fisik yang melibatkan otot-otot kecil, seperti koordinasi antara mata dan tangan dalam melakukan beberapa kegiatan, seperti menggenggam, menggambar, menempel, membentuk serta menjiplak. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perkembangan motorik halus anak usia dini melalui penggunaan media bahan bekas di TK Al-Fitrah Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelas B anak usia 5-6 tahun yang berjumlah 10 anak, terdiri dari 6 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan unjuk kerja melalui kegiatan membuat suatu karya dari bahan bekas. Hasil penelitian menujukkan bahwa terjadi peningkatan dalam kemampuan motorik halus anak, pada siklus I anak yang mendapat kriteria BHS sebanyak 2 anak, dan belum ada anak yang mendapat kriteria BSB. Siklus II diperoleh kriteria BHS sebanyak 3 anak dan BSB sebanyak 6 anak. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu, kemampuan motorik halus anak dapat meningkat melalui penggunaan media bahan bekas di TK Al-Fitrah, Kabupaten Aceh Besar.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MENGEMBANGKAN PILLOW BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENSTIMULASI MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI (SERUNGKE NADA, 2021)

PEMANFAATAN BAHAN ALAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MENCETAK GAMBAR DI TK IT-HAFIZUL ‘ILMI BAITUSSALAM ACEH BESAR (ROSNITA, 2020)

MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN MERONCE DI TK SATU ATAP SD NEGERI ULEE KAREUNG KABUPATEN ACEH BESAR (RUSMINI, 2020)

MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA BAHAN BEKAS DI PAUD NURUL HIDAYAH DESA LAMPUUK KABUPATEN ACEH BESAR (Khairatul Husna, 2019)

MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN BERMAIN MENGGUNAKAN MEDIA BARANG BEKAS DI PAUD BUNGONG TANJUNG KABUPATEN ACEH BESAR (FITRI YOSINA KHAIRUDDIN, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy