//

ANALISA DEMAND PENUMPANG PADA RENCANA RUTE FEEDER DI KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RIO ERLANGGA - Personal Name

Abstrak/Catatan

Banda Aceh adalah ibukota Provinsi Aceh dan merupakan pusat pemerintahan, kegiatan politik, perekonomian, dan pendidikan Aceh. Perkembangan Kota Banda Aceh yang pesat maka diperlukan transportasi umum yang memadai untuk melayani kebutuhan masyarakat Kota Banda Aceh saat ini. Salah satu transportasi umum yang tersedia saat ini adalah Bus Trans Koetaradja. Namun angkutan pengumpan (feeder) belum tersedia, sehingga perlu direncanakan sistem angkutan pengumpan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi demand penumpang pada rencana rute feeder di lima kampung pada Kecamatan Kuta Alam. Data yang diperlukan adalah data primer dan data sekunder. Data primer didapatkan dari hasil home interview survey, dari data tersebut akan diketahui asal dan tujuan masyarakat di empat kampung pada Kecamatan Kuta Alam Kota Banda Aceh. Data sekunder berupa data jumlah penduduk, jumlah penduduk per kelompok umur dari Badan Pusat Statistik Provinsi Aceh dan jumlah kepemilikan kendaraan pribadi dari Badan Pengelolaan Keuangan Aceh. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan Pedoman Teknis Penyelenggaraan Angkutan Umum di Wilayah Perkotaan Dalam Trayek Tetap dan Teratur, Departemen Perhubungan Tahun 2002. Dari hasil analisis data didapatkan jumlah permintaan penumpang pada tahun 2018 adalah 8.247 orang, sedangkan jumlah calon penumpang adalah 12.166 orang, jumlah angkutan umum jenis Mobil Penumpang Umum (MPU) yang dibutuhkan per hari ditahun 2018 adalah 33 unit, sedangkan jenis bus kecil adalah 21 unit kendaraan yang dibutuhkan per hari. Pada tahun 2019 sampai 2023 rata-rata jumlah permintaan penumpang adalah 4.994 orang, jumlah calon penumpang rata-rata 12.688 orang, rata-rata jumlah angkutan umum feeder yang dibutuhkan per hari adalah 20 unit, dan rata-rata jumlah angkutan umum feeder jenis bus kecil yang dibutuhkan per hari adalah 12 unit, jumlah angkutan umum feeder yang dibutuhkan per hari (N) kurang dari jumlah minimum angkutan umum feeder per hari (R) dengan R=20, sehingga tidak memenuhi dalam pelayanan angkutan umum pengumpan (feeder). Kata kunci : demand penumpang, feeder, potensial, angkutan umum, R

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISA DEMAND PENUMPANG PADA RENCANA RUTE FEEDER DI KECAMATAN SYIAH KUALA KOTA BANDA ACEH (Fitriana Kesuma Putri, 2019)

ANALISIS POTENSI JUMLAH PENUMPANG DAN KEBUTUHAN ARMADA BUS FEEDER PADA KORIDOR I TRANS KOETARADJA (WAHYU NURJANNAH, 2021)

ANALISIS POTENSI JUMLAH PENUMPANG DAN KEBUTUHAN ARMADA BUS FEEDER PADA KORIDOR III TRANS KOETARADJA (SYARAFINA HELMI PUTRI, 2021)

ANALISIS KEPENTINGAN DAN KINERJA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN BUS LISTRIK FEEDER TRANS KOETARADJA MENGGUNAKAN METODE IPA (IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS) (KHALISHA ZAHRA, 2021)

STUDI PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGENDALIAN PEMANFAATAN TATA RUANG KOTA DI KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH (RD. CECEP YUDHIE ERBA WINATA, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy