//

KONTROL DIRI REMAJA YANG KECANDUAN GAME ONLINE (PENELITIAN PADA MAHASISWA YANG TINGGAL DI ASRAMA KAWAY XVI)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rezki Saifan - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Saifan, Rezki. 2019. Kontrol Diri Remaja Yang Kecanduan Game online ( Pada Mahasiswa Di Asrama Kaway XVI ) Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. (1) Drs. Said Nurdin, M.Si, (2) Khairiah,S.Pd.,M.Ed Kata Kunci : Kontrol Diri, Kecanduan Game Online Kecanduan game online adalah perilaku yang bersifat kronis dan kompulsif untuk memuaskan diri pada permainan yang dimainkan dengan koneksi internet sehingga menimbulkan masalah dalam kehidupan sehari-hari sipecandu. Ada beberapa faktor yang menyebabkan pecandu sulit untuk menghindari game online hingga menjadi ketagihan antara lain ketidakmampuan melepaskan diri dari memikirkan game ,pengabaian pekerjaan dan ketidakmampuan mengontrol diri yang menimbulkan intensitas dan durasi waktu bermain yang semakin banyak dan menguras pikiran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontrol diri mahasiswa pecandu game online. Jenis penelitian yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, Subyek penelitian berjumlah tiga orang remaja yang kecanduan game online dengan bermain game berulang-rulang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjunkan bahwa para remaja yang kecanduan game sering tidak dapat mengendalikan dan mengontrol diri mereka di saat bermain game dan lupa akan waktu karena terlalu fokus terhadap game, pecandu sulit untuk menghindari game sehingga menjadi ketagihan hal ini disebabkan karena ketidak mampuanya melepaskan diri dari memikirkan game sehingga berpengaruh terhadap pengabaian pekerjaan,tugas-tugas perkulliahan dan dapat menganggu aktivitas lainnya. Adapun cara mahasiswa mengontrol diri dari kecanduan game adalah dengan mencari aktivitas atau kesibukan di luar bermain game seperti berolahraga dan ketika ada jadwal kampus dan liburan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu mahasiswa sering tidak mampu mengontrol dan mengendalikan diri mereka ketika sedang bermain game sehingga lupa akan waktu dan kewajiban mereka sebagai mahasiswa.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN KONTROL DIRI DAN MANAJEMEN DIRI UNTUK MENGURANGI KECANDUAN GAME ONLINE PADA SISWA SMP N 1 JANGKA (Aulia Suhelmi, 2021)

HUBUNGAN PERILAKU AGRESI DAN KECANDUAN GAME ONLINE PADA MAHASISWA (Nurul Badariah, 2019)

GAMBARAN TINGKAT KECANDUAN GAME ONLINE PADA SISWA KELAS XII DI SMA NEGERI BANDA ACEH (Bahagia, 2019)

PERBEDAAN KONSEP DIRI ANTARA REMAJA YANG TINGGAL DI PANTI ASUHAN COTTAGE DENGAN REMAJA YANG TINGGAL DI PANTI ASUHAN ASRAMA (Misanti, 2015)

HUBUNGAN ANTARA KECANDUAN BERMAIN GAME ONLINE POINT BLANK DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA REMAJA (HERI KURNIAWAN, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy