HUBUNGAN DETERMINASI DIRI DENGAN SOCIAL SUPPORT DI DAYAH MODERN DARUL ‘ULUM KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

HUBUNGAN DETERMINASI DIRI DENGAN SOCIAL SUPPORT DI DAYAH MODERN DARUL ‘ULUM KOTA BANDA ACEH


Pengarang

MIFTA OKTAVIANDA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1506104030028

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Bimbingan dan Konseling (S1) / PDDIKTI : 86201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kemampuan Determinasi diri yang baik dibutuhkan oleh remaja dalam menghadapi masa awal di sekolah menengah pertama karena kemampuan ini diperkirakan dapat membantu remaja untuk bertahan dalam menghadapi tantangan ataupun hambatan di lingkungan sekolah maupun masyarakat. Kemampuan ini sendiri tak lepas dari faktor-faktor yang mempengaruhinya salah satunya adalah social support. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Tingkat determinasi diri siswa SMP Islam YPUI Darul ‘Ulum Banda Aceh, 2) Tingkat Social support siswa SMP Islam YPUI Darul ‘Ulum Banda Aceh, 3) dan hubungan antara determinasi diri dengan social support. Subyek penelitian adalah siswa SMP Islam YPUI Darul ‘Ulum Banda Aceh. Populasi berjumlah 68 orang, yakni 37 siswa putri dan 31 siswa putra sedangkan sampel menggunakan sampel total karena jumlah populasi yang kurang dari 100 maka penelitiamn ini merupakan penelitian populasi. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya deskriptif dan korelasional. Metode pengumpulan data menggunakan skala determinasi diri dan skala social support dalam bentuk skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa determinasi diri siswa dominan berada pada kategori sedang dengan persentase 63,23%, dan social support siswa juga dominan dalam kategori sedang yaitu dengan persentase 60,29%. Hasil uji korelasi pada penelitian ini menunjukkan bahwa kedua variabel, yaitu variabel determinasi diri dan social support memiliki nilai korelasi sebesar 0,690 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000. Hal ini mengindikasikan bahwa terdapat hubungan yang positif dan kuat antara variabel determinasi diri dan social support siswa SMP Islam YPUI Darul ‘Ulum Banda Aceh.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK