//

HUBUNGAN AKTIVITAS FISIK DAN OBESITAS PADA ANAK UMUR 10-12 TAHUN DI KECAMATAN SYIAH KUALA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Andesta Mutia Ulva - Personal Name
SubjectOBESITY - MEDICINE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2012

Abstrak/Catatan

Obesitas merupakan salah satu masalah kesehatan global yang prevalensinya terus meningkat baik pada dewasa maupun anak-anak. Aktivitas fisik yang kurang diduga merupakan salah satu penyebab terjadinya obesitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan aktivitas fisik dan obesitas pada anak umur 10-12 tahun di Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah analitik dengan pendekatan studi cross-sectional. Jumlah sampel adalah 193 siswa di 3 (tiga) sekolah dasar, yaitu SD Negeri 54 Banda Aceh, SD Negeri 16 Banda Aceh, SD Negeri 69 Banda Aceh. Penentuan sampel dilakukan dengan metode proporsional stratified random sampling dengan variabel stratifikasi adalah sekolah dan kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prevalensi obesitas pada responden adalah sebesar 14,5%. Obesitas lebih banyak ditemukan pada responden laki-laki (19,4%) daripada perempuan (8,2%). Aktivitas fisik yang paling banyak dilakukan responden adalah aktivitas fisik sedang (62,7%), diikuti aktivitas fisik ringan (33,2%) dan aktivitas fisik berat (4,1%). Hasil uji chi-square (p < 0,05) untuk melihat hubungan aktivitas fisik dan obesitas didapatkan nilai p = 0,014. Kesimpulan penelitian ini adalah ada hubungan aktivitas fisik dan obesitas pada anak umur 10-12 tahun di Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh. Disarankan untuk dapat melakukan monitoring dan usaha pencegahan terhadap kejadian obesitas anak baik oleh pihak sekolah maupun orang tua. Kata kunci: aktivitas fisik, obesitas, status gizi, Indeks Massa Tubuh

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KONSUMSI MAKANAN SIAP SAJI DAN AKTIVITAS FISIK DENGAN OBESITAS PADA ANAK SEKOLAH DASAR USIA 10-12 TAHUN RNDI KECAMATAN BAITURRAHMANRNBANDA ACEH TAHUN 2015 (INTAN RIZKA PUTRI, 2015)

HUBUNGAN OBESITAS TERHADAP AKTIVITAS FISIK PADA SISWA SMP NEGERI 6 DAN SMP NEGERI 18 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2010/2011 (Meutia, 2013)

HUBUNGAN RIWAYAT KELUARGA, KONSUMSI SERAT DAN AKTIVITAS FISIK DENGAN DERAJAT OBESITAS PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH (RIAN NANDA PUTRA, 2017)

HUBUNGAN KONSUMSI JUNK FOOD DAN AKTIVITAS FISIK TERHADAP OBESITAS REMAJA DI BANDA ACEH (Thesa Ananda Prima, 2017)

HUBUNGAN OBESITAS TERHADAP KEJADIAN GASTROESOPHAGEAL REFLUX DISEASE (GERD) DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Amelia Wijaya Agustin, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy