//

PERKEMBANGAN PARTAI KEADILAN SEJAHTERA ACEH (1998 – 2017)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SHIBGHATULLAH AR RASYID - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Arrasyid, Sibghatullah. 2017. Perkembangan Partai Keadilan Sejahtera Dewan Pengurus wilayah Aceh 1998 -2017. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) DR. Husaini Ibrahim, M.A. (2) Drs Zainal Abidin Kata Kunci : Perkembangan, Partai Keadilan Sejahtera wilayah Aceh. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) lahir dari gerakan Tarbiyah dari beberapa kampus di Indonesia. Gerakan Tarbiyah sendiri awalnya lebih berfokus sebagai gerakan dakwah yang muncul di awal 1980-an di Era Orde Baru. Gerakan Tarbiyah bisa dipahami sebagai alternatif dari berbagai gerakan Islam. Untuk memahami di mana letak PKS dalam peta gerakan Islam lain maka setting politik saat itu perlu dicermati. Pertumbuhan partai politik pada masa itu tidak terhindarkan lagi, sebab partai politik merupakan pilar dari demokrasi yang ada di dalam suatu negara modern. Secara khusus penelitian ini bertujuan Untuk menjelaskan (1) latar belakang berdirinya Partai Keadilan Sejahtera di Aceh (2) Untuk menjelaskan landas pergerakan yang digunakan oleh Partai Keadilan Sejahtera (3) Untuk menjelaskan sistem kaderisasi Partai Keadilan Sejahtera di Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Data penelitian ini bersumber dari wawancara pengurus Partai Keadilan Sejahtera wilayah Aceh dan sumber dari dokumen–dokumem dari media dan buku. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan kritis sumber dari dokumen dan buku. Teknik wawancra yang dilakukan adalah teknik wawancara terbuka agar data hasil penelitian dapat terpecaya peneliti mengunakan alat bantu perekaman berupa alat tulis dan media elektronik hand phone. Bedasarkan hasil analisis data, temuan penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut,(1) latar belakang berdirinya Partai Keadilan Sejahtera di Aceh awal mulanya di bentuk pada tahun 1998,(2) landasan pergerakan yang dipakai partai keadilan Sejahtera di Aceh mengunakan dasar Islam dan asas Pancasila, (3) Sistem kaderisasi Partai Keadilan Sejahtera di Aceh diawali Dengan pemahaman tentang tauhid dan diawali dengan pembentukan Halaqah. Simpulan penelitian ini adalah perkembangan Partai Keadilan Sejahtera di Aceh dimulai sejak tahun 1998, dengan ketua pengurus wilayah pertama Nasir djamil, landasan berpijak pergerakan Partai Keadilan Sejahtera di Aceh mengunakan dasar Islam termaksud dalam pemahaman Ahlusunnah waljamaah serta pemahaman Pancasila sebagai dasar negara kesatuan republik Indonesia, sistem kaderisasi Partai Keadilan Sejahtera di Aceh dengan memberikan pemahaman tentang tauhid dengan pembentukan Halaqah dibimbing oleh satu orang murabbi dengan diberikan pemahaman islam dan juga dilakukannya sistem training Orentiasi partai.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STRATEGI PARTAI KEADILAN SEJAHTERA DALAM PEMENANGAN KURSI LEGISLATIF DPRA PADA PEMILU TAHUN 2014 (SUATU KAJIAN: DI KABUPATEN ACEH BESAR) (Muhajir, 2014)

PERAN STRATEGIS PARTAI KEADILAN SEJAHTERA (PKS) DALAM MELAKUKAN PENDIDIKAN POLITIK BAGI PEMILIH PEMULA DI BANDA ACEH (SUATU KAJIAN DI DEWAN PIMPINAN DAERAH PKS KOTA BANDA ACEH) (Muhammad Iqbal, 2014)

POLA REKRUTMEN CALON LEGISLATIF DAPIL 1 PROVINSI ACEH YANG DILAKUKAN OLEH PARTAI KEADILAN SEJAHTERA (PKS) DAN PARTAI NASIONAL DEMOKRAT (NASDEM) (Yusrijal Abdar, 2016)

POLA KOMUNIKASI POLITIK ILLIZA SA'ADUDDIN DJAMAL MENJELANG PILKADA SERENTAK ACEH TAHUN 2017 (PENELITIAN TERHADAP DUKUNGAN DARI PARTAI POLITIK) (Nina Maulidia Rizka, 2018)

DINAMIKA SOSIAL EKONOMI PENGRAJIN GERABAH DIRNDESA ULEE TUTUE KEULIBEUT KABUPATEN PIDIERN(1998 – 2014) (Sarliana, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy