STRATEGI PEMASARAN PRODUK KERAJINAN ROTAN KEUDE BIENG LHOKNGA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

STRATEGI PEMASARAN PRODUK KERAJINAN ROTAN KEUDE BIENG LHOKNGA


Pengarang

Monalisa - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1506101030024

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Ekonomi (S1) / PDDIKTI : 87203

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Monalisa. 2019. Strategi Pemasaran Produk Kerajinan Rotan Keude Bieng Lhoknga. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing.

(1) Dr. Amiruddin, S.Pd., M.Si (2) Dr. Nazaruddin, SE, M.Ed

Kata Kunci : Strategi, Pemasaran, Rotan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja strategi yang diterapkan oleh pemilik toko kerajinan rotan Keude Bieng Lhoknga dan strategi yang alternatif digunakan pada produk kerajinan rotan Keude Bieng Lhoknga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan 10 responden. Penelitian ini berlokasi di Desa Keude Bieng Lhoknga Jl.Nasional Banda Aceh-Meulaboh Kabupaten Aceh Besar. Teknik analisis data menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemilik toko kerajinan rotan Keude Bieng Lhoknga menggunakan strategi pemimpin pasar, strategi penantang pasar, pengikut pasar, dan perelung pasar. Strategi pemimpin pasar yang digunakan adalah strategi mencari pemakai baru sebanyak 90%, strategi pengguna lebih banyak 100%, strategi melindungi pangsa pasar 100%, strategi pertahanan posisi 100%, dan strategi memperluas pangsa pasar 100%. Pada strategi penantang terdapat strategi menentukan lawan bersaing dengan perusahaan yang setara/sebanding, perusahan besar sebanyak 60%, dan perusahaan kecil 70%, strategi serangan mengepung sebanyak 90% , dan tidak satupun yang menerapkan strategi gerilya. Strategi pengikut pasar yang terdiri dari strategi cloner 80%, strategi imitator 80% dan strategi adapter 40%. Selanjut nya strategi perelung pasar yang diterapkan pemilik toko adalah strategi spesialis geografis sebanyak 70%, strategi produk atau lini produk 80%, strategi karakteristik produk 10%, strategi spesialis pesanan 10%, dan tidak ada yang menggunakan strategi spesialis harga/pesanan. Startegi yang alternatif digunakan oleh pemilik toko kerajinan rotan Keude Bieng Lhoknga adalah strategi pemimpin pasar.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK