PELAKSANAAN PELAYANAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM TIRTA DAROY KOTA BANDA ACEH DALAM MENANGANI KELUHAN PELANGGAN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PELAKSANAAN PELAYANAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM TIRTA DAROY KOTA BANDA ACEH DALAM MENANGANI KELUHAN PELANGGAN


Pengarang

ARDIYANSYAH - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1410104010018

Fakultas & Prodi

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik / Ilmu Pemerintahan (S1) / PDDIKTI : 65201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK


Pelaksanaan pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Daroy Kota Banda Aceh dalam menangani keluhan pelanggan sesuai dengan Pasal 46 ayat 1 Undang-Undang No. 7 Tahun 2004 tentang Sumber Daya Air. Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Daroy Kota Banda Aceh belum mampu memberikan pelayanan dalam hal menangani keluhan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pelaksanaan pelayanan yang diberikan PDAM Tirta Daroy dalam menangani keluhan pelanggan serta langkah yang dilakukan PDAM Tirta Daroy dalam menangani keluhan pelanggan di Kota Banda Aceh. Lokasi penelitian ini dilakukan di PDAM Tirta Daroy. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh dari hasil penelitian di lapangan. Penelitian di lapangan dilakukan melalui wawancara dengan informan dan juga dari dokumen penting dari kantor dinas yang terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pelaksanaan pelayanan PDAM Tirta Daroy dalam menangani keluhan pelanggan belum sepenuhnya efektif hal itu ditunjukkan dari adanya ketidakpuasaan pelanggan atas pelaksanaan pelayanan PDAM Tirta Daroy yang disebabkan oleh lambatnya penanganan. Langkah-langkah PDAM Tirta Daroy dalam menangani keluhan pelanggan belum menunjang, hal tersebut ditunjukkan karena keterbatasan perlengkapan yang memadai untuk menangani keluhan pelanggan, serta memerlukan waktu penanganan yang cukup lama dan tergantung dengan tingkat kerusakan yang dilaporkan. PDAM Tirta Daroy diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelaksanaan pelayanan dengan menekankan pada standar operasional perusahaan. Dalam rangka penanganan keluhan dan peningkatan kinerja perlu dilakukan pengembangan inovasi pelayanan dengan menyusan langkah-langkah yang efektif dan efisien sehingga keluhan pelanggan dapat lebih cepat ditangani untuk menciptakan kepuasan pelanggan.


Kata Kunci: Pelayanan, PDAM Tirta Daroy, Keluhan Pelanggan.








Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK