//

PROFIL PENDERITA KARSINOMA NASOFARING PADA PASIEN RAWAT INAP DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH PERIODE 2017-2019

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RIFA ADELISA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Karsinoma nasofaring (KNF) merupakan tumor ganas yang berasal dari sel-sel epitelial yang menutupi permukaan nasofaring. Di bidang Telinga, Hidung, Tenggorok (THT) karsinoma nasofaring menempati urutan pertama yang sering terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memaparkan profil penderita karsinoma nasofaring di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin pada periode 2017-2019. Rancangan yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif retrospektif dengan metode total sampling dan banyaknya sampel adalah 34 pasien yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Berdasarkan data yang didapatkan, ditemukan proporsi tinggi penderita karsinoma nasofaring yang di rawat inap di RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh Periode 2017-2019 berdasarkan usia penderita karsinoma nasofaring terbanyak pada kelompok usia 40 – 60 tahun (58,8%) dengan jenis kelamin laki-laki (67,6%). Manifestasi klinis dominan penderita karsinoma nasofaring terbanyak adalah benjolan di leher (55,95%) dengan angka tertinggi penderita memiliki riwayat merokok (52,9%), penderita terbanyak berasal dari suku Aceh (79,4%), daerah tempat tinggal mayoritas ditemui pasien dari daerah Aceh Barat (14,7%) dan Banda Aceh (14,7%) dengan matapencaharian terbanyak sebagai wiraswasta (23,5%) dan mayoritas menempuh pendidikan Sekolah Menengah Atas (50,0%), berdasarkan stadium penderita karsinoma nasofaring terbanyak ditemui pasien dengan stadium IV (88,2%), 17 orang diantaranya (56,7%) didapatkan pembesaran kelenjar getah bening, 2 orang (6,7%) dengan mestastasis jauh, dan 14 orang (46,7%) pasien stadium IV meninggal. Gambaran histopatologi Undifferentiated Carcinoma (35,3%) menempati peringkat tertinggi pada pasien karsinoma nasofaring dalam hasil penelitian ini. Secara umum penderita nasofaring di Aceh yang datang berobat mayoritas berada pada stadium IV dengan gambaran histopatologi Undifferentiated Carcinoma. Kata kunci: profil penderita, kanker nasofaring, rumah sakit umum daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS TITER EPIDERMAL GROWTH FACTOR RECEPTOR PADA PENDERITA KANKER NASOFARING BERDASARKAN STADIUM DAN PROFIL HISTOPATOLOGIS DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (Fera Kamila Kamal, 2021)

GAMBARAN HISTOPATOLOGI DAN STADIUM KLINIK PASIEN KANKER SERVIKS UTERI DI BLUD RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH PERIODE JANUARI 2010 – JUNI 2012 (Riska Apriliana, 2015)

)PROFIL PENDERITA DEMAM BERDARAH DENGUE (DBD) DAN DEMAM DENGUE (DD) DI RUANG RAWAT INAP PENYAKIT DALAM BLUD RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH PERIODE JANUARI – DESEMBER 2012 (Ratih Putri Rahayu, 2013)

EVALUASI PENGGUNAAN ANTIBIOTIK MENGGUNAKAN METODE GYSSENS PADA PASEIN INFEKSI ULKUS KAKI DIABETIK DI RUANG RAWAT INAP RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (DESI JANNATI, 2018)

HUBUNGAN KONSUMSI IKAN ASIN TERHADAP KEJADIAN KARSINOMA NASOFARING DI RSUDZA (LEILY ROSYIDAH, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy