PROFIL PENDERITA KARSINOMA NASOFARING PADA PASIEN RAWAT INAP DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH PERIODE 2017-2019 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PROFIL PENDERITA KARSINOMA NASOFARING PADA PASIEN RAWAT INAP DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH PERIODE 2017-2019


Pengarang

RIFA ADELISA - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1607101010128

Fakultas & Prodi

Fakultas Kedokteran / Pendidikan Dokter (S1) / PDDIKTI : 11201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Karsinoma nasofaring (KNF) merupakan tumor ganas yang berasal dari sel-sel epitelial yang menutupi permukaan nasofaring. Di bidang Telinga, Hidung, Tenggorok (THT) karsinoma nasofaring menempati urutan pertama yang sering terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memaparkan profil penderita karsinoma nasofaring di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin pada periode 2017-2019. Rancangan yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif retrospektif dengan metode total sampling dan banyaknya sampel adalah 34 pasien yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Berdasarkan data yang didapatkan, ditemukan proporsi tinggi penderita karsinoma nasofaring yang di rawat inap di RSUD dr. Zainoel Abidin Banda Aceh Periode 2017-2019 berdasarkan usia penderita karsinoma nasofaring terbanyak pada kelompok usia 40 – 60 tahun (58,8%) dengan jenis kelamin laki-laki (67,6%). Manifestasi klinis dominan penderita karsinoma nasofaring terbanyak adalah benjolan di leher (55,95%) dengan angka tertinggi penderita memiliki riwayat merokok (52,9%), penderita terbanyak berasal dari suku Aceh (79,4%), daerah tempat tinggal mayoritas ditemui pasien dari daerah Aceh Barat (14,7%) dan Banda Aceh (14,7%) dengan matapencaharian terbanyak sebagai wiraswasta (23,5%) dan mayoritas menempuh pendidikan Sekolah Menengah Atas (50,0%), berdasarkan stadium penderita karsinoma nasofaring terbanyak ditemui pasien dengan stadium IV (88,2%), 17 orang diantaranya (56,7%) didapatkan pembesaran kelenjar getah bening, 2 orang (6,7%) dengan mestastasis jauh, dan 14 orang (46,7%) pasien stadium IV meninggal. Gambaran histopatologi Undifferentiated Carcinoma (35,3%) menempati peringkat tertinggi pada pasien karsinoma nasofaring dalam hasil penelitian ini. Secara umum penderita nasofaring di Aceh yang datang berobat mayoritas berada pada stadium IV dengan gambaran histopatologi Undifferentiated Carcinoma.
Kata kunci: profil penderita, kanker nasofaring, rumah sakit umum daerah dr. Zainoel Abidin Banda Aceh

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK