//

PENERAPAN MODEL KONSELING ANAK USIA DINI DENGAN METODE STORY TELLING ISLAMI UNTUK MENGATASI KECENDERUNGAN AGRESIF ANAK DI TPA AL-IKHLAS DESA SUAK INDRAPURI ACEH BARAT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang FARANISA NURFADILAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

Setiap anak mengalamai tahapan-tahapan yang berbeda pada saat tumbuh kembangnya. Salah satu bentuk perbedaan tersebut adalah munculnya kecenderungan perilaku agresif, di mana hal ini sering dikaitkan dengan adanya perasaan marah dan melukai orang lain, baik dalam bentuk fisik, verbal, maupun secara pasif. Metode Story Telling merupakan salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengatasi bentuk-bentuk agresif yang terjadi pada anak. Melalui bercerita kita dapat memberi contoh pada anak bagaimana menyikapi suatu permasalahan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode Story Telling dapat mengatasi kecenderungan agresif pada anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan bentuk penelitian kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh anak pada kelompok iqra di TPA Al-Ikhlas desa suak indrapuri Aceh Barat. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara yang dilakukan pada waktu sebelum dan sesudah pemberian Story Telling. Berdasarkan data observasi dan wawancara awal sebelum diberikan metode Story Telling, sebagian besar anak pada kelompok iqra terdeteksi melakukan kecenderungan agresif setiap harinya seperti, memukul,mendorong,berkelahi, merusak barang, mecubit, berkata kotor, mencaci memaki, tidak peduli, menolak berbicara, dan mengancam. Metode Story Telling diberikan sebanyak delapan kali pertemuan. Hasil analisis data yang diperoleh dari observasi dan wawancara menunjukan bahwa terjadi penurunan kecenderungan agresif setelah diberikan metode Story Telling, seperti sudah berkurangnya perilaku mendorongan, memukul, berkelahi, berkata kotor, mencaci maki, dll. Hal ini menjelaskan bahwa penerapan metode Story Telling dapat mengatasi kecenderungan agresif anak di TPA AL-Ikhlas Aceh Barat.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MENINGKATKAN NILAI KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA ISLAMI DI TK PEMDA NEUSU JAYA BANDA ACEH (Roidah Pasaribu, 2018)

STRATEGI GURU DALAM MENANGANI PERILAKU AGRESIF ANAK USIA DINI DI TK IT MON KUTA BANDA ACEH (Hardiati Mustika, 2020)

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA DI TK SIMEHATE KABUPATEN ACEH TENGAH (RATNA YUSLIZA, 2017)

PENGARUH GAME ONLINE FIRST PERSON SHOOTER (FPS) TERHADAP SIKAP AGRESI ANAK (STUDI KASUS PERMAINAN GAME ONLINE TERHADAP SIKAP AGRESIFITAS ANAK USIA 8-15 TAHUN DI DESA LAMTEUMEN TIMUR) (Sheidati Zakiah Uli Iman, 2020)

MENGEMBANGKAN BAHASA RESEPTIF ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA DI RAUDHATUL ATHFAL CUT NYAK DHIEN GAMPONG ACEH KABUPATEN ACEH TIMUR (CUT FITRAH, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy