//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI SMA NEGERI 1 DARUL IMARAH ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang KARIMA HAYATI ISMAN SYAHPUTRA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Karima Hayati Isman Syahputra. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Pembelajaran Ekonomi SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing : (1) Dra. Ruaida, M.Si (2) Dr. Amiruddin, M.Si Kata Kunci: Model Pembelajaran Discovery Learning, Pembelajaran Ekonomi Penelitian ini mengkaji tentang penerapan model pembelajaran discovery learning dalam pembelajaran ekonomi SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Penerapan model pembelajaran discovery learning yang dilakukan guru dalam pembelajaran ekonomi SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar; (2) ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran ekonomi SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar; dan (3) respon siswa terhadap model pembelajaran discovery learning yang dilakukan guru dalam pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS 2 berjumlah 23 orang siswa ditambah dengan satu orang guru mata pelajaran ekonomi. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes hasil belajar siswa, angket respon siswa, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase aktivitas guru sebesar 77% termasuk kategori baik dan rata-rata persentase aktivitas siswa sebesar 72% termasuk kategori baik. Hasil belajar siswa diperoleh dengan nilai rata-rata sebesar 77,40 dan persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 56,52%, dimana dari 23 orang siswa hanya 13 orang siswa yang tuntas dan 10 orang siswa yang tidak tuntas. Dan respon siswa terhadap model pembelajaran discovery learning dalam pembelajaran ekonomi diperoleh persentase rata-rata sebesar 78,52% termasuk kategori baik. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan adanya aktivitas guru dan aktivitas siswa yang baik dapat menuntaskan hasil belajar siswa pada pembelajaran ekonomi SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar, hal ini dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata siswa mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dimana nilai KKM yang ditetapkan oleh sekolah untuk mata pelajaran ekonomi yaitu 70, sedangkan nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 77,40.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA POKOK BAHASAN LISTRIK DINAMIS SISWA SMA N 1 DARUL IMARAH ACEH BESAR (Zaini Fuza, 2014)

PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN DALAM MENGONSTRUKSI TEKS NEGOSIASI PADA KELAS X SMA NEGERI 1 DARUL IMARAH (Khairuna, 2017)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 DARUL IMARAH (Widia Merjia Rova, 2016)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII SMP NEGERI 9 BANDA ACEH (Isra Wulan Sari, 2016)

PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 DARUL IMARAH, ACEH BESAR (Fitria Cikita, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy