GAMBARAN DEPRESI PADA PASIEN PASCA STROKE DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

GAMBARAN DEPRESI PADA PASIEN PASCA STROKE DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH


Pengarang

Ulyana Fazil - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0807101050017

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Kata Kunci
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas mipa., 2012

Bahasa

Indonesia

No Classification

616.852

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Depresi pada penderita stroke merupakan suatu gejala psikologis yang abnormal pada seseorang yang sudah didiagnosis menderita stroke, penderita cenderung menunjukkan keluhan-keluhan seperti ketakutan akan kecacatan bahkan kematian, tidak bisa meneruskan rencana-rencana hidupnya, perubahan citra diri dan percaya diri, perubahan peran sosial dan gaya hidup, sehingga memerlukan perhatian dalam dampak psikologis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkatan depresi pada penderita stroke. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Sampel penelitian adalah 50 orang penderita stroke yang berobat di Poliklinik Saraf Rumah Sakit Umum Daerah dr. Zainoel Abidin (RSUDZA) dan diambil secara accidental sampling. Tingkat depresi diukur menggunakan Beck Depression Inventory-II. Data dianalisis secara univariat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah penderita depresi adalah 48 orang (96%), yang terdiri atas tingkat depresi berat sebanyak 7 orang (14%), depresi sedang sebanyak 37 orang (74%), dan depresi ringan sebanyak 4 orang (8%). Kesimpulan pada penelitian ini didapatkan bahwa hampir semua pasien stroke mengalami depresi pasca stroke, dengan tingkat depresi terbanyak adalah tingkat depresi sedang.

Kata Kunci: Stroke, Tingkatan Depresi, Beck Depression Inventory-II

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK