//

TINGKAT BERPIKIR DAN KESULITAN SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS XI SMA LABORATORIUM UNSYIAH BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Intan Sari - Personal Name
SubjectTRIGONOMETRY
INTELLIGENCE - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: Tingkat berpikir, kesulitan siswa, trigonometri Trigonometri merupakan materi yang diajarkan di kelas XI SMA dan sangat penting untuk dipelajari karena memiliki banyak kontribusi dalam kehidupan sehari-hari dan berguna untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Fakta di lapangan menunjukkan hasil yang memprihatinkan dalam pembelajaran trigonometri. Banyak siswa yang belum mencapai nilai KKM dan hasil belajar siswa yang belum memuaskan. Penelitian ini berjudul “Tingkat Berpikir dan Kesulitan Siswa Pada Materi Trigonometri di Kelas XI SMA Laboratorium Unsyiah Banda Aceh tahun Pelajaran 2013/2014”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat berpikir siswa, mendeskripsikan kesulitan siswa disetiap tingkat berpikir, dan mengidentifikasi penyebab kesulitan yang dialami siswa pada materi trigonometri di kelas XI SMA Laboratorium Unsyiah Banda Aceh tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini berbentuk deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Tes ini diberikan kepada siswa XI IPA dengan mengambil subjek 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes dan wawancara. Tes dilakukan untuk mengetahui kesulitan yang dialami oleh siswa sedangkan wawancara digunakan untuk mengetahui penyebab kesulitan yang dialami oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang mengalami kesulitan untuk mengerjakan soal C1 (pengetahuan) dan C2 (pemahaman) paling banyak mengalami kesulitan konsep. Sedangkan siswa yang mengalami kesulitan untuk mengerjakan soal C3 (aplikasi) sampai dengan soal C6 (evaluasi) paling banyak mengalami kesulitan prinsip. Penyebab kesulitan yang dialami siswa antara lain 1) pemahaman konsep dasar trigonometri yang rendah; 2) kurangnya minat/kemauan; 3) kurangnya latihan untuk mengerjakan soal-soal trigonometri; 4) kesulitan menganalisis soal cerita; 5) materi yang sulit difahami; 6) persepsi yang buruk tentang trigonometri; 7) jarak pemberian tes dengan materi cukup jauh; dan 8) pembelajaran trigonometri yang kurang bermakna.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENGATASI KESULITAN SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS X SMA NEGERI 1 KABUPATEN GAYO LUES. (OESEA SATIVA, 2018)

ANALISIS TINGKAT BERPIKIR DAN KESULITAN SISWA PADA MATERI PERBANDINGAN DI KELAS VII SMP NEGERI 17 BANDA ACEH (Novia Alieska Perdana, 2017)

ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS XI SMA NEGERI 1 LABUHAN HAJI TIMUR (Sri Utami, 2015)

PEMBELAJARAN MATERI TRIGONOMETRI MELALUI MODEL STAD DENGAN STRATEGI MNEMONIK DI KELAS X SMAN 2 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Nurul Taflihati M, 2014)

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOA-SOAL TRIGONOMETRI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 12 BANDA ACEH (mursyidah, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy