//

OPTIMASI PERENCANAAN PRODUKSI BUBUK KOPI PADA UD. SYR MENGGUNAKAN METODE MIXED INTEGER LINEAR PROGRAMMING

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mistahul Jannah - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK UD SYR merupakan perusahaan yang memproduksi bubuk kopi seperti Robusta, King Gayo, Natural, dan Specialty. Untuk memenuhi jumlah permintaan, perusahaan harus mengoptimalkan jumlah produksi dengan melakukan peramalan permintaan supaya biaya yang dikeluarkan lebih optimal. Pengoptimalan biaya produksi dapat diselesaikan dengan menggunakan model Mixed Integer Linear Programming. Dari hasil penelitian dan perhitungan, perusahaan dapat memperoleh biaya yang optimal dengan memproduksi bubuk kopi Robusta sebanyak 726,47 kg, bubuk kopi King Gayo sebanyak 1070,33 kg, bubuk kopi Natural sebanyak 749,36 kg, dan bubuk kopi Specialty sebanyak 758,71 kg. Total biaya yang dikeluarkan oleh UD. SYR selama periode Januari 2017 sampai Mei 2017 adalah sebesar Rp 317.402.816. Berdasarkan analisis sensitivitas yang telah dilakukan, dapat diketahui batas - batas perubahan nilai pada koefisien fungsi tujuan maupun fungsi kendala dengan tetap memperoleh tujuan yang optimal. Kata kunci: Peramalan, Mixed Integer Linear Programming, Analisis Sensitivitas

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS SENSITIVITAS PADA PENGOPTIMALAN PRODUKSI ALAT PERTANIAN (STUDI KASUS CV. MURSYILLA ACEH BESAR) (Hasittongan Tumanggor, 2019)

APLIKASI MODEL PROGRAM LINIER INTEGER PADA PENGOPTIMALAN PRODUKSI BLOK BETON (Furqan Nur, 2016)

PENERAPAN GOAL PROGRAMMING PADA PERENCANAAN PRODUKSI BUBUK KOPI (STUDI KASUS ASA COFFEE DI KABUPATEN ACEH TENGAH) (Ida Farida Adnan, 2016)

OPTIMASI PRODUKSI KOPI ROBUSTA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN LINEAR PROGRAMMING (STUDI KASUS: PT. ULEE KARENG COFFEE, ACEH BESAR) (Teuku M Hadi Fs, 2017)

PENJADWALAN PETUGAS SATUAN PENGAMANAN MENGGUNAKAN INTEGER LINEAR PROGRAMMING (STUDI KASUS: KANTOR ADMINISTRASI UNIVERSITAS SYIAH KUALA) (ANDRI AL HARIS F, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy