//

PERKEMBANGAN DAYAH TGK CHIK TANOH ABEE DI KECAMATAN SEULIMUM ACEH BESAR TAHUN 1984-2013

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Elida - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci: Perkembangan, Dayah Tgk Chik Tanoh Abee Skripsi ini membahas tentang “Perkembangan Dayah Tgk Chik Tanoh Abee di Kecamatan Seulimum Aceh Besar Tahun 1984-2013”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab permasalahan tentang: (1) Bagaimana perkembangan dayah Tgk Chik Tanoh Abee di kecamatan Seulimum Kabupaten Aceh Besar tahun 1984-2013, (2) Bagaimana metode pembelajaran pendidikan Islam yang diterapkan di Dayah Tgk Chik Tanoh Abee tahun 1984-2013, (3) Bagaimana pengaruh Dayah Tgk Chik Tanoh Abee dalam Pengembangan Pendidikan Islam di kecamatan Seulimum Kabupaten Aceh Besar Tahun 1984-2013. Dalam penulisan skripsi ini, penulis menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam hal ini penulis juga menggunakan metode penelitian historis yang terdiri dari dua teknik, yaitu teknik library research( penelitian kepustakaan) dan field research (penelitian lapangan). Dalam penelitian lapangan, penulis menggunakan teknik pengumpulan data melalui tiga teknik, yaitu dokumentasi, observasi atau pengamatan, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis teliti dapat diketahui bahwa: (1) Perkembangan Dayah Tgk Chik Tanoh Abee ini setelah meninggalnya Abu Dahlan mengalami kemerosotan akibat beberapa faktor seperti hilangnya sosok pemimpin yang sangat disegani serta dihormati yaitu sosok Abu Dahlan, pengurus dayahnya juga bukan orang yang menetap melainkan orang dari desa luar dayah Tgk Chik Tanoh Abee, dan juga disebabkan faktor lain seperti tumbuh dan berkembangnya dayah atau pesantren-pesantren modern dengan berbasis kurikulum dan juga mengajarkan pelajaran-pelajaran umum serta memiliki sarana dan prasarana yang memadai sehingga dayah tradisional atau dayah salafiyah ditinggalkan. (2) metode pembelajaran pendidikan Islam yang diterapkan di Dayah Tgk Chik Tanoh Abee adalah dengan menggunakan metode halaqah, yaitu santri duduknya membentuk little U dimana santri duduk melingkar atau setengah keliling dan guru atau teungku yang mengajar duduk di depan santri dengan membaca dan menjelaskan pelajaran yang diajarkan kepada santri. (3) pengaruh Dayah Tgk Chik Tanoh Abee dalam pengembangan pendidikan Islam di kecamatan Seulimum sangat berpengaruh, dimana pada masa almarhum Abu Dahlan ratusan santri yang datang dari berbagai daerah untuk belajar di dayah Tgk Chik Tanoh Abee.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERKEMBANGAN DAYAH TEUNGKU CHIK AWE GEUTAH DAN PENGARUHNYA DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN DI KECAMATAN PEUSANGAN KABUPATEN BIREUEN 1980-2011 (muhammad fendi, 2013)

DARI DAYAH KE YAYASAN PENDIDIKAN TINGGI: PERKEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN TEUNGKU CHIK PANTE KULU BANDA ACEH, 1962-2017 (ANNISA RAHMI, 2018)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD 2 TANOH ABEE RNKABUPATEN ACEH BESAR (CUT ZAITUN MUNAR, 2014)

PERKEMBANGAN DAYAH ULEE TITI KECAMATAN INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (1987-2013) (Ami Ratu Diana, 2016)

PENGARUH MEDIA POWER POINT PADA MATERI SIKLUS AIR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI DAYAH TANOH KECAMATAN MUTIARA, PIDIE (TARI ZIKRA LUTFIYA, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy