ANALISIS PRESUPOSISI DALAM FILM RUDY HABIBIE (HABIBIE DAN AINUN 2) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

ANALISIS PRESUPOSISI DALAM FILM RUDY HABIBIE (HABIBIE DAN AINUN 2)


Pengarang

Asmaul Husna - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1306102010001

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) / PDDIKTI : 88201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2019

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Asmaul Husna. 2017. Analisis Presuposisi dalam Film Rudy Habibie (Habibie dan Ainun 2). Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
(1) Dr. Rajab Bahry, M.Pd. (2) Azwardi, S.Pd., M.Hum.
Kata kunci : presuposisi, tuturan, film
Penelitian ini berjudul Presuposisi dalam Film Rudy Habibie (Habibie dan Ainun 2). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan presuposisi eksistensial, presuposisi struktural, presuposisi leksikal, presuposisi faktif, presuposisi nonfaktif, dan presuposisi konterfaktual yang terdapat dalam film Rudy Habibie (Habibie dan Ainun 2). Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah film Rudy Habibie (Habibie dan Ainun 2) dengan data penelitian berupa percakapan antartokoh dalam film Rudy Habibie. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik analisis dokumentasi. Langkah-langkah analisis data penelitian ini mendeskripsikan dan menganalisis jenis-jenis presuposisi berdasarkan klasifikasi yang telah dibuat, memaknai jenis-jenis presuposisi berdasarkan klasifikasi yang telah dibuat, dan menyimpulkan hasil analisis jenis-jenis presuposisi yang tedapat di dalam film Rudy Habibie. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) presuposisi eksistensial yang ditemukan berupa presuposisi yang ditandai oleh nomina, frasa nomina, keterangan tempat, dan keterangan waktu, (2) presuposisi struktural yang ditemukan berupa presuposisi yang ditandai oleh kata tanya, (3) presuposisi leksikal yang ditemukan berupa presuposisi yang ditandai oleh ungkapan leksikal khusus yang menimbulkan presuposisi dengan pernyataan lain yang secara konsep tidak dinyatakan langsung di dalam tuturan, (4) presuposisi faktif yang ditemukan berupa berupa presuposisi yang ditandai dengan verbal dan frasa verbal, (5) presuposisi nonfaktif yang ditemukan berupa presuposisi yang ditandai oleh verbal, yaitu bermimpi dan rencananya, adverbia, yaitu seharusnya, kira, dan seperti, (6) presuposisi konterfaktual yang ditemukan berupa presuposisi yang ditandai oleh kata konjungsi yang menyatakan pengandaian.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK