Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
THESES
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN GEOGRAFI PADA MATERI GEMPA BUMI UNTUK MENINGKATKAN KESIAP SIAGAAN SISWA SMAN 5 BANDA ACEH
Pengarang
FITRISSANI - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Nomor Pokok Mahasiswa
1109200140068
Fakultas & Prodi
Fakultas Pasca Sarjana / Ilmu Kebencanaan (S2) / PDDIKTI : 61104
Subject
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Magister Ilmu Kebencanaan., 2014
Bahasa
Indonesia
No Classification
693.852
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Penelitian yang berjudul pengembangan perangkat pembelajaran geografi pada
materi gempa bumi untuk meningkatkan kesiapsiagaan siswa SMAN 5 Banda Aceh
bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan siswa SMAN 5 Banda Aceh terhadap
bencana gempa bumi. Desain penelitian ini menggunakan metode penelitian dan
pengembangan (research and development) dengan menggunakan model Dick and Carey.
Penentuan sampel dalam penelitian ini adalah secara purposive sampling yaitu siswa kelas
X-3 sebanyak 25 orang siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan
angket yang bertujuan untuk mengetahui pengetahuan siswa terhadap gempa bumi, sikap
siswa saat gempa bumi terjadi dan kesiapsiagaan siswa, hasil penilaian perangkat
pembelajaran. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif dan
uji- t. Hasil penilaian perangkat pembelajaran memperoleh nilai rerata 85,3 dan adanya
perbedaan pengetahuan, sikap dan tindakan kesiapsiagaan siswa yang signifikan antara
sebelum dan sesudah menggunakan perangkat pembelajaran. Hal ini membuktikan bahwa
perangkat pembelajaran geografi yang dikembangkan dapat digunakan untuk
meningkatkan kesiapsiagaan siswa kelas X-3 SMAN 5 Banda Aceh dalam menghadapi
bencana gempa bumi.
Kata kunci : Perangkat pembelajaran geografi, model Dick and Carey, kesiapsiagaan,
gempa bumi.
ABTRACT
The research of the development of Geography device learning in earthquake
matter to increase student’s preparedness of SMAN 5 Banda Aceh was aimed to
develop Geography learning device of Dick and Carey model in earthquake subject
matter to increase students’ readiness of class x-3 SMAN 5 Banda Aceh toward
earthquake. This research design used research and development research by using
Dick and Carey model. Determination of the sample in this research is purposive
sampling namely X-3 grade students of 25 students. Data collection technique is
done by using a questionnaire which aims to determine the student knowledge of the
earthquake, the attitude and preparedness of student when the earthquake disaster
and learning outcomes assessment tools. Data analysis technique used is quantitative
descriptive analysis and t-test. Results of the assessment of learning obtain a mean
value of 85,3 and the differences in knowledge, attitudes and preparedness measures
students significantly between before and after used device learning. This proves that
the developed learning geography can be used to improve preparedness of the X- 3
grade students of SMAN 5 Banda Aceh earthquake disaster.
Keywords: Geography learning device, model Dick and Carey, preparedness,
earthquake.
Tidak Tersedia Deskripsi
PERANCANGAN METODE E-LEARNING GEMPA BUMI PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI UNTUK MENINGKATKAN KESIAPSIAGAAN SISWA KELAS X SMA 5 NEGERI BANDA ACEH (rahmati, 2014)
PERAN GURU GEOGRAFI DALAM MENINGKATKAN KESIAPSIAGAAN BENCANA GEMPA BUMI DAN TSUNAMI SISWA SMA DI KOTA BANDA ACEH (SIGNORINA KASVIA, 2019)
MENINGKATKAN KESIAPSIAGAAN TERHADAP GEMPA BUMI RNMELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING RNPADA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI 19 BANDA ACEH (Irma Suryani, 2014)
PENDEKATAN SCIENTIFIC DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM RANGKA MENINGKATKAN PENGETAHUAN PENGURANGAN RISIKO BENCANA GEMPA BUMI (STUDI KASUS DI KELAS X IPS B SMA NEGERI 1 BIREUEN) (RAHMI, 2015)
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PEMBUKTIAN DENGAN STRATEGI ABDUKTIF-DEDUKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GEOMETRI SISWA SMA (Ernawati, 2017)