//

PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS PRAKTIKUM PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA DI SMA NEGERI 11 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Kamalliansyah Walil - Personal Name

Abstrak/Catatan

Walil , Kamalliansyah. 2018. Pembelajaran Inkuiri Berbasis Praktikum pada Konsep Keanekaragaman Hayati Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa di SMA Negeri 11 Kota Banda Aceh. Pembimbing I Prof. Dr. Djufri, M.Si. Pembimbing II Dr. Cut Nurmaliah, M.Pd ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar, kemampuan keterampilan proses sains, aktivitas siswa dan tanggapan siswa dalam proses belajar mengajar konsep keanekaragaman hayati melalui pembelajaran inkiuiri berbasis praktikum di SMA Negeri 11 Kota Banda Aceh. Metode yang digunakan adalah metode experimental research dengan sampel 27 siswa yang dijadikan kelas eksperimen (pembelajaran pembelajaran Inkuiri berbasis praktikum) dan 27 siswa sebagai kelas kontrol (Pembelajaran konvensional). Dalam penelitian ini digunakan beberapa instrumen yaitu: tes hasil belajar kognitif, lembar observasi keterampilan proses sains, lembar observasi aktivitas siswa dan angket tanggapan siswa. Analisis data untuk mengetahui peningkatan hasil belajar menggunakan uji t pada taraf signifikansi 0,05, aktivitas siswa dan keterampilan proses sains, dengan persentase. Hasil uji t diperoleh thitung 3,60 > ttabel 2,01. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil belajar siswa meningkat dengan pembelajaran inkuiri berbasis praktikum pada konsep keanekaragaman hayati dengan rata-rata nilai N-Gain kelas kontrol sebesar 71,06 dan N-Gain kelas eksperimen 74,76. Hasil belajar siswa meningkat dengan pembelajaran inkuiri berbasis praktikum pada konsep keanekaragaman. Kemampuan keterampilan proses sains siswa pada konsep keanekaragaman hayati melalui pembelajaran inkuiri berbasis praktikum memperoleh rata-rata 67,31 dengan kategori baik.Tingkat aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar konsep keanekaragaman hayati melalui pembelajaran inkiuiri berbasis praktikum memperoleh rata-rata 73,70 dengan kategori baik. Tanggapan siswa terhadap pembelajaran inkuiri berbasis praktikum dalam konsep keanekaragaman hayati tergolong baik. Kata Kunci : Inkuiri Berbasis Praktikum, Hasil Belajar, Keterampilan Proses Sains, Keanekaragaman hayati. vii

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS PRAKTIKUM PADA MATERI SISTEM EKSKRESI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA NEGERI 1 INDRAPURI ACEH BESAR (Nafisah Hanim, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBASIS PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI FOTOSINTESIS DI SMP NEGERI 9 BANDA ACEH (Nela Yuliana, 2016)

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP JAMUR (FUNGI) PADA SISWA KELAS X SMA LABORATORIUM UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Yuna Putri Berkah, 2016)

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) DIPADU MEDIA ANIMASI INTERAKTIF TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI SISTEM INDRA DI MAN BANDA ACEH (JAUHARAH, 2018)

PENGARUH PEMBELAJARAN MELALUI PRAKTIKUM BERBASIS SISTEM MANAJEMEN LABORATORIUM PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR DI SMA SUKMA BANGSA (HIDAYATUL MUNAWARAH, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy