//

ANALISIS KINERJA PENGGUNAAN RADIO FREQUENCY IDENTIFICATION (RFID) DAN QUICK RESPONSE CODE (QR CODE) PADA PENCARIAN DATA MEDIS (STUDI KASUS DATA BPJS KESEHATAN RSU TGK. CHIK DITIRO SIGLI)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rahmat Sufri - Personal Name
SubjectRADIO FREQUENCY IDENTIFICATION - ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Teknik Elektro Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Teknologi terbaru yang dapat diterapkan untuk melakukan identifikasi data adalah Radio Frequency Identification (RFID) yang merupakan sistem identifikasi tanpa kabel, dapat melakukan pengambilan data dengan cepat, mudah tanpa harus bersentuhan sehingga bisa digunakan untuk operasi otomatis. Sistem RFID ini terdiri dari tag, pembaca, middleware, aplikasi program dan server. Seiringin perkembangannya muncul juga teknologi pilihan lain yaitu QR Code atau Quick Response Code mampu mengatasi masalah identifikasi data menjadi efektif dan cepat. Untuk mengakses informasi QR Code ini berbeda dengan teknologi RFID yang membutuhan perangkat khusus atau yang disebut reader sebagai pembaca tag, tetapi pada teknologi QR Code dapat membaca kode hanya degan perangkat kamera atau webcam dengan difokuskan QR Code pada kamera dan akan langsung terbaca dengan cepat. Saat ini dalam mengidentifikasi data medis masih dilakukan secara konvensional yaitu mengetik nomor ID dengan keyboard maka ada kemungkinan terjadi kesalahan dan juga membutuhkan waktu yang lama dalam pencarian data sehingga pekerjaan menjadi tidak efesien, oleh karena itu untuk mengatasi permasalahan tersebut menggunakan RFID atau QR Code adalah solusi yang tepat, dikarenakan RFID dan QR Code dapat melakukan pembacaan data tanpa bersentuhan cepat dan mudah hanya cukup menempelkan tag pada RFID reader atau QR Code pada kamera selanjutnya kode akan dilakukan pecarian langsung secara otomatis. Manfaat yang diperoleh pada penelitian ini adalah mengetahui penggunaan RFID dan QR Code serta mengetahui hasil evaluasi kinerja antara RFID dan QR Code untuk penentuan teknologi yang tepat dalam melakukan pencarian data medis, sehingga dapat mengidentifikasi pencarian data medis dengan lebih efesien, mudah, cepat dan akurat. Kata kuci: Analisis, Identifikasi Otomatis, RFID, QR Code, Efesiensi

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SISTEM ALARM DAN KUNCI PINTU OTOMATIS MENGGUNAKAN RFID BERBASIS ARDUINO UNO (ichwani, 2016)

PENGEMBANGAN MIDDLEWARE SIP2 UNTUK KOMUNIKASI SELF LOAN STATION BERBASIS RFID DENGAN DATABASE SLIMS (SYUKRAN, 2016)

THE ANALYSIS OF INDONESIAN ENGLISH CODE SWITCHING USED BY ANNOUNCERS AT THREE FM RADIO (Alvi Chairiah, 2015)

AN ANALYSIS OF CODE SWITCHING USED BY TEACHERS IN TEACHING ENGLISH TO YOUNG LEARNERS (A QUALITATIVE STUDY AT BUNGA MATAHARI INTERNATIONAL SCHOOL) (Tursina Mutia, 2019)

RANCANG BANGUN PURWARUPA PENGIDENTIFIKASI KENDARAAN BERMOTOR PELANGGAR LAMPU LALU LINTAS DENGAN RFID BERBASIS ARDUINO UNO (Adityo Sumantri, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy