//

PENERAPAN MODEL PJBL (PROJECT BASED LEARNING) DIPADU PDEODE TERHADAP KREATIVITAS DAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMAN KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SYUKRIAH - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
LEARNING - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
BIOLOGY
COGNITIVE PSYCHOLOGY - EDUCATION
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Biologi Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2019

Abstrak/Catatan

Syukriah : Penerapan Model Project Based Learning Pembimbing I. Dr. Cut Nurmaliah, M.Pd. Pembimbing II. Dr. Abdullah, M.Si. ABSTRAK Kreativitas dan hasil belajar kognitif merupakan hal-hal yang menjadi tolak ukur akan keberhasilan proses belajar mengajar. Selama ini, pada beberapa SMA Negeri Kota Banda Aceh penilaian kreativitas peserta didik jarang dilakukan serta masih ada peserta didik yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal. Salah satu upaya untuk mengetahui kreativitas dan meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik dengan menerapkan model PjBL Banda Aceh. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik dari X IPA dan X IPA di SMAN 2, X IPA dan X IPA di SMAN 5, dan X IPA dan X IPA di SMAN 11. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi kreativitas dan soal objektif. Pengumpulan data kreativitas melalui hasil observasi kreativitas, dan hasil belajar kognitif melalui pretest dan post test. Analisis data kreativitas dilakukan dengan persentase, sedangkan untuk menguji hipotesis hasil belajar kognitif dilakukan melalui uji beda dua rata-rata dengan Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata persentase kreativitas peserta didik perkelompok pada kelas eksperimen dan kontrol adalah 63,42%-71,68% dengan kategori baik, hasil uji Mann Whitney menunjukkan perbedaan yang signifikan antara skor pretest Kata Kunci : Project Based Learning dipadu PDEODE, Hasil Belajar Kognitif, Kreativitas, Keanekaragaman Hayati vii Syukriah : The Implementation of Project Based Learning Advisor I: Dr. Cut Nurmaliah, M.Pd., Advisor II: Dr. Abdullah, M.Si. ABSTR ACT Creativity and cognitive learning outcomes are things that become a benchmark for the success of the teaching and learning process. During this time, in several Banda Aceh Senior High Schools the assessment of students' creativity is rarely done and there are still students who have not yet reached the minimum completeness criteria. One effort to find out creativity and improve cognitive learning outcomes of students by implementing the PjBL Keywords: Project Based Learning combined with PDEODE, Creativity, Cognitive Learning Outcomes, Biodiversity Concepts viii

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PJBL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMAN KOTA BANDA ACEH (SYUKRIAH, 2019)

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) DIPADU PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI DUNIA TUMBUHAN DI MAN KOTA BANDA ACEH (MULYANI, 2018)

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DIPADU MINDMAP TERHADAP MOTIVASI, KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMA NEGERI BANDA ACEH (KHARINA AREEISTY, 2019)

PEMANFAATAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP PENINGKATAN SIKAP ILMIAH DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN DI MTSS AL-FURQAN BAMBI. (Emal Fida, 2016)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI SMAN 5 BANDA ACEH (NOVRA RIZKIA, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy